Friday, 19 Apr 2024

Petrokimia Dapat Apresiasi Di IFA Annual Conference 2023 Ceko

news24xx


Petrokimia Dapat Apresiasi Di IFA Annual Conference 2023 CekoPetrokimia Dapat Apresiasi Di IFA Annual Conference 2023 Ceko
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Petrokimia Gresik, anak usaha Pupuk Indonesia, terpilih sebagai pembicara dalam Forum International Fertilizer Association (IFA) Annual Conference 2023, di Praha, Ceko, Rabu (24/5). Kesempatan ini didapat atas penanganan dan komersialisasi gipsum oleh Petrokimia Gresik yang dinilai berhasil dan selaras dengan prinsip IFA untuk mengedepankan konsep Academic, Business, Government (ABG) Collaboration dalam menghasilkan ekonomi sirkular.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan, kesempatan ini merupakan bentuk apresiasi IFA terhadap program inovasi Petrokimia Gresik dalam pengelolaan dan komersialisasi gipsum. Petrokimia Gresik terus melakukan continuous improvement pada gipsum yang merupakan produk samping dari Pabrik Asam Fosfat.

"Di tengah presentasi, Mr Volker Andresen yang menjabat sebagai Technical Director Sustainability IFA juga langsung memberikan apresiasi untuk inovasi Petrokimia Gresik ini. Tentu ini menjadi motivasi bagi kami untuk menghasilkan inovasi-inovasi berikutnya," ucap Dwi Satriyo, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (25/5).

Baca juga : Perpusnas Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2023

Upaya continuous improvement gipsum yang sekaligus upaya menjaga kelestarian lingkungan, dilakukan Petrokimia Gresik melalui beberapa jenis pemanfaatan gipsum menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Upaya ini juga telah mendapatkan Surat Keputusan Pengecualian Limbah B3 Gipsum dengan Nomor 238/MenLHK/Setjen/PLB3/5/2021 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2021.

"Dengan pengecualian ini, pemanfaatan gipsum di Petrokimia Gresik pun semakin optimal. Petrokimia Gresik mampu menjadikan gipsum yang awalnya merupakan cost center menjadi profit center," terang Dwi Satriyo.

Ada tiga strategi yang dijalankan Petrokimia Gresik dalam memanfaatkan gipsum. Pertama, sebagai bahan baku purifikasi gipsum. Pemanfaatan gipsum menjadi purified gypsum mencapai 1.100.000 ton per tahun dengan nilai ekonomi sirkular sebesar 80 juta dolar AS setiap tahunnya.

Baca juga : Universitas Esa Unggul-JCI Indonesia Gelar Asia-Pacific Conference 2023

Kedua, gipsum Petrokimia Gresik dioptimalkan menjadi bahan baku produk pembenah tanah Petrokimia Gresik dengan merk dagang PetroCAS. Untuk pemanfaatan gipsum sebagai bahan baku PetroCAS di Petrokimia Gresik sebesar 300.000 ton per tahun dengan ekonomi sirkular mencapai 21 juta dolar AS.

Terakhir, gipsum Petrokimia Gresik juga dimanfaatkan untuk memproduksi pupuk ZA yang banyak digunakan sebagai agroinput pada perkebunan tebu. Penggunaan pupuk ZA terbukti mampu meningkatkan rendemen gula pada tanaman tebu. "Total pemanfaatan gipsum sebagai bahan baku pupuk ZA adalah sebesar 200.000 ton per tahun dengan ekonomi sirkular mencapai 23 juta dolar AS," terang Dwi Satriyo.

Keberhasilan komersialisasi gipsum yang dilakukan Petrokimia Gresik merupakan hasil kolaborasi dengan akademisi dan Pemerintah dalam upaya ekonomi sirkular.

Baca juga : Bertemu Jokowi, PM Fiala Apresiasi Presidensi G20 RI

"Sebagai bagian dari Pupuk Indonesia dan BUMN serta penggerak ekonomi bangsa yang turut andil dalam terciptanya ekonomi sirkular, Petrokimia Gresik berkomitmen untuk terus melakukan upaya penurunan emisi gas rumah kaca demi mewujudkan upaya Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience 2050 (LTS-LCCR 2050) dengan pemanfaatan produk samping," pungkasnya.

Annual Conference 2023 merupakan salah satu session pada IFA Phosphogypsum Working Group 11th Annual Meeting. Kegiatan yang mengangkat tema "From Waste to Inventory" ini menghadirkan pembicara dengan materi inovasi terbaik dalam pengelolaan produk samping dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...