Saturday, 20 Apr 2024

Fosil Leluhur Buaya Modern Ditemukan di Cile, Memperkuat Teori Amerika Latin Tempat Evolusi Buaya Lahir

Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Kerangka fosil berusia 150 juta tahun yang ditemukan di pegunungan Chili selatan telah diidentifikasi sebagai nenek moyang buaya modern, Museum Ilmu Pengetahuan Alam Argentina mengumumkan pada Jumat, 23 Juli.

Spesies, bernama Burkesuchus mallingrandensis, ditemukan pada tahun 2014 di deposit fosil Andes dekat kota Patagonia Mallin Grande oleh peneliti Argentina dan Chili. Sejak itu, fosil yang ditemukan telah dianalisis di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Argentina (MACN) di Buenos Aires, Argentina oleh para ilmuwan.

"Spesimen itu adalah 'kakek' buaya saat ini dan seharusnya memungkinkan para ilmuwan untuk memahami bagaimana mereka berevolusi," kata museum tersebut.

zxc1

Para ilmuwan percaya fosil itu akan membantu mereka memahami bagaimana reptil ini berubah dari terestrial menjadi akuatik. Bersama dengan fosil lainnya, penemuan ini mendukung gagasan bahwa Amerika Selatan adalah tempat lahirnya evolusi buaya.

"Sekitar 200 juta tahun yang lalu buaya lebih kecil, dan tidak hidup di air. Ahli paleontologi selalu ingin tahu seperti apa transisi itu," Federico Agnolin, yang menemukan spesimen itu, mengatakan kepada Reuters.

"Apa yang Burkesuchus tunjukkan adalah serangkaian sifat unik yang tidak dimiliki buaya lain karena merekalah yang pertama kali mulai masuk ke air, ke air tawar," kata Agnolin.

zxc2

Menurut MACN, buaya muncul pada periode Jurassic awal, sekitar waktu dinosaurus pertama. Dalam beberapa juta tahun mereka tenggelam di dalam air, berkat keberadaan laut yang hangat dan dangkal. Untuk diketahui, Amerika Selatan terkenal di kalangan ilmuwan karena kekayaan fosil buaya lautnya, yang banyak digunakan sebagai bahan penelitian.