Friday, 19 Apr 2024

Mengerikan, Insiden Tanah Longsor dan Banjir Melanda Kamp-kamp Rohingya di Bangladesh

news24xx


Foto : AljazeeraFoto : Aljazeera
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sedikitnya enam orang Rohingya tewas pada hari Selasa dan ribuan telah dipindahkan di kamp-kamp pengungsi di tenggara Bangladesh setelah hujan monsun memicu tanah longsor dan banjir bandang di pemukiman berbukit, kata para pejabat.

Lima orang Rohingya, termasuk tiga anak-anak, dikuburkan dan dibunuh setelah sebagian bukit menghancurkan gubuk bambu dan terpal mereka di kamp Balukhali, kata komisaris pengungsi Shah Rezwan Hayat.

"Hujan deras berhari-hari menyebabkan tanah longsor," katanya kepada kantor berita AFP.

Seorang anak Rohingya lainnya meninggal setelah dia tenggelam di sungai di dekat kamp pengungsi Palong Khali, kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa semua aliran sungai di kamp-kamp itu mengamuk karena banjir bandang.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

“Kami juga telah menyelamatkan dua orang yang terluka dan mengirim mereka ke rumah sakit,” katanya kepada AFP, seraya menambahkan ribuan keluarga Rohingya telah direlokasi di dalam kamp untuk menjaga mereka tetap aman.

Pengungsi Rohingya kebanyakan tinggal di gubuk-gubuk yang terbuat dari bambu dan lembaran plastik yang menempel di bukit-bukit yang curam dan gundul, dan banjir semakin memperburuk kondisi kehidupan mereka.

“Musim hujan dan tanah longsor membuat situasi kami semakin genting,” kata pengungsi Rohingya, Mohammad Ismail, kepada kantor berita Reuters.

Kantor cuaca Bangladesh memperkirakan hujan lebat akan berlanjut selama beberapa hari ke depan.

Bulan lalu dua pengungsi tewas dalam tanah longsor terpisah saat hujan lebat.

Sekitar 740.000 orang Rohingya meninggalkan rumah negara bagian Rakhine mereka pada Agustus 2017, lolos dari tindakan keras oleh pasukan keamanan Myanmar. Penyelidik PBB telah menyimpulkan operasi itu dilakukan dengan "niat genosida".



Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127



Situasi genting
Ribuan keluarga pengungsi ini, terutama mereka yang tinggal di lembah-lembah di dalam pemukiman seluas 7.000 acre (2.832 hektar), tetap berisiko tinggi terhadap tanah longsor setiap tahun selama musim hujan. Selama beberapa bulan terakhir, Bangladesh telah memindahkan 18.000 pengungsi ke pulau rendah Bhashan Char dari pemukiman sempit di daratan.

Tetapi banyak dari mereka yang direlokasi mengatakan bahwa mereka dipaksa, dan bahwa kesehatan serta fasilitas lainnya di pulau lanau, di daerah yang sering dilanda topan mematikan, sangat buruk. Bangladesh telah menolak tuduhan bahwa Rohingya telah dipindahkan secara paksa dan mengatakan kondisi di pulau itu jauh lebih baik daripada di daratan.

Namun, bulan lalu sebuah laporan Human Rights Watch mengatakan para pengungsi khawatir mereka akan menghadapi kondisi yang mengerikan selama musim hujan, dan berjuang dengan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang “tidak memadai”.

Pada bulan Juni, pejabat Bangladesh mengatakan mereka telah mengatasi wabah diare yang menewaskan sedikitnya empat pengungsi Rohingya dan menginfeksi 1.500 lainnya. Pihak berwenang berencana untuk memindahkan 100.000 dari mereka ke Bhashan Char.





Loading...