Saturday, 26 Sep 2020

Toko Online yang Naikkan Harga Tak Wajar Bakal Diblokir

news24xx


Ilustrasi.Ilustrasi.

NEWS24.CO.ID - Pemerintah kembali menekankan kepada para pelaku usaha yang menaikkan harga barang-barang kesehatan yang tidak sesuai akan dikenakan sanksi blokir. Hal itu disampaikan Menkominfo Johnny G Plate.

Menkominfo mengklaim platform digital yang beroperasi di Indonesia berkomitmen untuk memastikan harga barang barang tetap dalam jangkauan masyarakat. 

Menurutnya, platform digital tidak akan membiarkan terjadinya fluktuasi harga yang di luar kendali kala virus corona.
 
"Platform digital di Indonesia memastikan bahwa harga-harga tetap di dalam jangkauan masyarakat dan tidak akan membiarkan kenaikan harga atau fluktuasi harga yang di luar kendali," ujar Johnny dalam keterangan persnya yang dikutip pada Rabu (25/3).

Johnny menuturkan platform digital telah berkomitmen dengan pemerintah untuk memblokir para penjual barang di e-Commerce yang menjual barang dengan harga yang tidak wajar. 

Bahkan, dia secara khusus mengingatkan akun atau pedagang untuk tidak menaikkan harga barang-barang kesehatan atau obat di tengah situasi saat ini.
 
"Di samping akan diblokir, akan ada juga langkah-langkah yang terkait dengan penertiban," ujarnya.
 
Lebih lanjut, para platform digital juga berkomitmen untuk memastikan pelayanan akan tetap prima bagi masyarakat. Selain itu, mereka memastikan tersedianya produk-produk yang diperlukan masyarakat saat ini.
 
"Ini diterapkan agar demand dan supply terjaga dengan baik," ujar Johnny.

Dalam kesempatan yang sama, Tokopedia mengaku sudah proaktif dengan memblokir puluhan ribu pedagang yang menaikkan harga alat kesehatan di luar batas kewajaran sejak Covid-19 melanda Indonesia. 

Tokopedia juga mengaku terus menyempurnakan sistem otomatisnya agar arahan pemerintah atas harga barang tetap terjaga.
 
"Kami juga berharap partisipasi dari kita semua melalui fitur laporkan, kami akan standby, kami akan segera memeriksa semua laporan yang masuk dan kami akan ambil tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku," ujar perwakilan Tokopedia.
 
Platform Bukalapak juga mengaku sudah mengambil tindakan terhadap pelapak yang mengambil keuntungan tidak wajar di tengah situasi saat ini. Mereka mengklaim akan terus memantau dan melanjutkan tegas yang telah dilakukan jika diperlukan.
 
Lebih dari itu, Johnny meminta masyarakat tenang dengan situasi harga yang melonjak tajam beberapa hari belakangan ini. Dia meminta masyarakat  untuk melapor ke platform terkait agar dilakukan koreksi.

Dan bagi masyarakat yang mengetahui ada pelaku usaha yang menjual barang di atas harga yang tidak wajar, untuk segera melaporkan ke instansi yang terkait, yakni kepada Kominfo.

 





Loading...