Thursday, 25 Apr 2024

Ide Stafsus Presiden, Masker Transparan Bantu Kelompok Difabel Berkomunikasi

news24xx


Instagram @angkie.yudistiaInstagram @angkie.yudistia
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Pemerintah di seluruh negara saat ini tengah mengharuskan masyarakatnya untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Ini sebagai salah satu cara memutus penyebaran virus Corona.

Dengan penggunaan masker dan physical distancing tentu komunikasi antara satu orang dengan lainnya menjadi terbatas. 

Dan yang saat ini beredar dan banyak dipergunakan adalah masker dengan tampilan tertutup mulai dari hidung, mulut, hingga bagian dagu dan leher.

Hal ini dianggap kurang ramah bagi kelompok difabel. Terutama bagi mereka yang tuli atau orang yang memiliki gangguan pendengaran lainnya.

Sebab selama ini, mereka yang tuli banyak berkomunikasi dengan cara membaca gerakan bibir. Terlebih mereka yang tidak dapat melakukan bahasa isyarat, membaca gerakan bibir jadi cara utama mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dilansir dari laman kumparan, pada awal April lalu, mahasiswa perempuan asal Kentucky, Amerika Serikat, Ashley Kawrence, membuat terobosan tak terduga dengan membuat masker khusus untuk para difabel tuli dan masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mendengar.

Ashley menjahit sendiri masker dengan desain khusus, yang mengganti kain masker di bagian mulut dengan plastik bening. 

Plastik tersebut berfungsi sebagai 'jendela' sehingga lawan bicara bisa melihat langsung bibir penggunanya. 

Ashley mengabadikan kegiatannya tersebut ke media sosial Facebook dan mendapat banyak respon positif.

Hal serupa kini tengah dilakukan oleh staf khusus Presiden Republik Indonesia, Angkie Yudistia, difabel womanpreneur yang juga juru bicara Presiden di bidang sosial.

Melalui akun Instagram pribadinya, @angkie.yudistia, ia membuat inisiatif untuk membagikan masker transparan secara gratis bagi teman tuli dan kerabat dekat mereka. 

Masker transparan sendiri merupakan masker kain dengan desain khusus. Di mana di bagian mulut kainnya diganti dengan plastik transparan untuk memudahkan teman tuli dalam membaca gerakan bibir.

"Siapa yang membutuhkan masker transparam? Aku dan kak @suryalee007 berusaha mengakomodir kebutuhan masker transparan untuk kebutuhan #temantuli dan inner-circle. Gratis guys!" tulis Angkie dalam keterangan Instagram pribadinya pada Sabtu (18/4/2020).

Angkie berusaha untuk bisa menyediakan masker transparan secara gratis bagi para teman tuli dan mereka yang membutuhkan.

"Untuk mendapatkan masker ini, kamu hanya perlu mengunggah ulang foto Angkie Yudistia saat menggunakan masker transparan, lalu tuliskan alasan mengapa kamu membutuhkan masker tersebut," dalam keterangan postingannya.

"Repost foto ini beserta alasan 'kenapa saya membutuhkan masker transparan ini', tag @angkie.yudistia dan @jubirsosialpresiden. Jangan lupa hashtag #disabilitaslawancovid19," lanjut Angkie.

Ia memberikan kesempatan bagi teman tuli atau kerabat yang memiliki keluarga dengan disabilitas tuli untuk mendapatkan masker ini hingga Selasa, 21 April 2020 mendatang.





Loading...