Friday, 19 Apr 2024

Hewan Peliharaan Rentan Sebarkan Virus, Ini Penjelasannya

news24xx


Ilustrasi.Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Bagi yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing nampaknya harus lebih memperhatikan binatang peliharaannya. Karena, baru-baru ini menurut hasil riset dari China, kucing bisa menularkan virus.

Harbin Veterinary Research Institute di China mengatakan, hasil studi menunjukkan transmisi tidak terjadi kepada manusia. Temuan ini hanya dimiliki kucing melalui droplet respirasi, dan tidak ditemukan pada hewan lain pada anjing, ayam, babi, dan bebek.

Dalam laporan tentang kucing peliharaan di Belgia yang mengalami gejala kesulitan bernapas, diare, dan muntah. Setelah dites oleh dokter hewan dari University of Liège hasilnya kucing tersebut dikatakan terinfeksi COVID-19.

“Surveilans untuk Sars-CoV-2 pada kucing harus dianggap sebagai tambahan untuk menghilangkan COVID-19 pada manusia,” tulis peneliti dalam kesimpulan di makalah mereka seperti dilansir dari detikcom.

Karya itu belum ditinjau oleh sejawat dan telah diunggah ke situs web praprint bioRxiv pada hari Rabu lalu. Diketahui dalam studi tersebut, lima kucing diinokulasi dengan virus corona, melansir The Guardian.

Tiga dari hewan tersebut ditempatkan di dalam kandang di sebelah kucing yang tidak diberi virus, dan salah satu dari kucing yang terpapar juga terinfeksi, menunjukkan bahwa penularan terjadi melalui droplet.

Para ahli mengatakan temuan itu kredibel, tetapi mereka menekankan kucing tidak termasuk salah satu vektor penting dalam penyebaran penyakit itu kepada manusia. (*)

 





Loading...