Wednesday, 24 Apr 2024

Akses Mendapatkan Listrik Gratis dan Diskon Lambat Respon, Ini Penjelasan Pihak PLN

news24xx


Ilustrasi.Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,PEKANBARU - Pada hari kedua setelah diumumkan dan  disebarkannya informasi akses pelanggan untuk mendapatkan diskon bagi pelanggan bersubsidi banyak diakses pelanggan di Indonesia.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, menyebutkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

Listrik gratis yang diberikan pemerintah hanya untuk golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 Volt Ampere (VA). Data PT PLN (Persero) mencatat ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

Selain daya listrik 450 VA, untuk daya 900 VA diberikan subsidi diskon sebesar 50 persen. PT PLN mencatat, pelanggan dengan daya 900 VA ada sekitar 7 juta.

Fasilitas listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan subsidi 50 persen untuk daya 900 VA berlaku selama tiga bulan. Mulai dari April, Mei dan Juni 2020.

Untuk di Indonesia, pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA. PLN telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut. 

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Di Pekanbaru, beberapa pelanggan mengeluhkan karena belum mendapat respon dari nomor WhatsApp dan website tersebut. "Setelah dicoba tak ada respon, dan kalo beli token ditempat biasa harganya masih seperti semula, tak dapat diskon," ungkap salah seorang pelanggan di Pekanbaru pada Jumat (3/4).

Saat dikonfirmasi ke PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, MSB Komunikasi Tajuddin Nur mengakui lambatnya respon yang diberikan PLN.

"Benar pak saat ini memang WA masih lambat responnya karena sejak di umumkan kemarin banyak yang mengakses dari seluruh Indonesia, dan untuk daya 900 VA yang diberi diskon pelanggan tarif subsidi," ungkap Tajuddin (3/4).

"Subsidi diberikan untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Jadi khusus untuk pelanggan pascabayar dan prabayar 450 VA dan 900 VA bersubsidi saja," kata dia.

"Berdasarkan data yang ada di pemerintah yaitu masyarakat kategori miskin dan tidak mampu, PLN atas dasar itu melalui instruksi Pemerintah (TNP2K) melakukan chek lapangan dan menindaklanjuti untuk menetapkan tarif subsidi bagi pelanggan kategori tersebut," jelas dia.

"Jadi seluruh Indonesia ada 24 Juta daya 450 VA dan 7 Juta daya 900 VA. Sedangkan untuk di Riau, dalam wilayah kerja PLN UIWRKR atau wilayah Riau Kepri ada data pelanggan subsidi tersebut. Yakni per bulan Februari 2020 kemarin, 107.590 pelanggan dengan daya 450 VA, dam sebanyak 221.353 pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi," tukasnya. (*)

 





Loading...