Friday, 26 Apr 2024

Muncul Hantavirus, Lebih Cepat Mematikan Daripada Covid-19

news24xx


Hantavirus yang berasal dari tikusHantavirus yang berasal dari tikus
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Kabar terbaru yang juga mematikan selain virus corona atau covid-19 juga berasal dari China. Virus yang dinamai dengan Hanavirus ini dikatakan memiliki ancaman membunuh lebih cepat dari pada Covid-19.

Dalam laporan yang dikeluarkan Global Times, Selasa, 24 Maret 2020, seorang pria asal Provinsi Yunnan China meninggal hanya dalam waktu hitungan jam setelah terpapar Hantavirus saat naik bus menuju Provinsi Shandong. 

Akibat insiden itu, seluruh penumpang di dalam bus diharuskan menjalani tes.

Apa itu Hantavirus? Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), hantavirus mempunyai nama resmi Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Merupakan penyakit pernapasan parah dan berujung fatal. Virus yang satu ini menyebar lewat tikus dan lebih mematikan. Orang yang terinfeksi akan mati dalam hitungan jam saja.

Siapa pun yang bersentuhan dengan tikus yang terinfeksi hantavirus berisiko tertular HPS. Perpindahan virus ini terjadi ketika manusia kontak dengan urine, kotoran, dan air liur tikus yang telah terkontaminasi hantavirus. Dengan kata lain, gigitan tikus pada manusia juga berpeluang menularkan virus.

"Hantaviruses yang di Amerika dikenal dengan 'Dunia Baru' Hantavirus dan virus ini dapat menyebabkan Hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Hantavirus yang lain dikenal dengan 'Dunia Lama' Hantavirus yang kebanyakan di Eropa dan Asia. Virus yang ini menyebabkan Hemorrhagic fever dengan renal syndrome (HRFS)," dikutip dari tulisan CDC di situs resminya. 

Kemunculan Hantavirus ini membuat panik karena bersamaan dengan mewabahnya virus corona yang saat ini mencekam. Akan tetapi hantavirus ini disebutkan tidak menular dari satu manusia ke manusia. (*)

 





Loading...