Friday, 19 Apr 2024

Di Salah Satu Negara, 70 Persen Orang Tertular Virus dari Uang Yang Dipegang

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Penyebaran virus corona amat cepat dari satu orang ke orang lain, selain melalui udara, juga dapat dengan menyentuh benda apa saja, dan salah satunya adalah uang.

Hal itu disebutkan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) periode 2004-2019 Nila Moeloek. Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar selalu mencuci tangan dan membawa plastik bening ukuran 1 kilogram untuk keluar. Hal ini untuk memastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi memasukkan ke kantong plastik tersebut dan menutup rapat.

“Setelah ada kesempatan jemur plastik tersebut beserta uang tadi di matahari paling tidak 30 menit. Insyaa Allah sudah cukup aman. Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. Insyaa Allah bermanfaat,” ungkapnya yang dikutip news24.co.id dari cnnindonesia, Rabu (18/3/2020).

"Dan jangan lupa mencuci tangan setelah memegang uang, karena banyak yang tertular itu sebenarnya bukan karena interaksi, melainkan dari uang. Dan di salah satu negara sekitar 70 persen orang tertular dari uang.


“Padahal mereka sudah safety pakai masker dan lain-lain tapi mereka enggak pada sadar ternyata mereka tertular dari uang. Makanya sekarang mereka pembayaran sudah mulai beralih ke uang elektronik, kalau di kita seperti Dana, Ovo, Gopay, Link Aja, dan lain-lain,” sebutnya.

Ia menjelaskan jika virus corona itu menyebar bukan karena terbang melalui udara, tetapi menempel di barang.
“Ya salah satu yang paling jelas ya uang, uang kan kotor dari tangan siapa aja. Jadi rajin-rajinlah cuci tangan pakai sabun, dan selalu bawa hand sanitizer dimana pun,” sarannya.

Paul Matewele, seorang dosen senior di bidang mikrobiologi di London Metropolitan University juga menguatkan dugaan tersebut.
“Tidak ada keraguan, kita melewati mikroorganisme melalui uang tunai,” kata Paul Matewele, dikutip news24.co.id dari detikcom.

Sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan di New York City, para peneliti menemukan mikroorganisme yang hidup di permukaan uang tunai, mulai dari bakteri mulut, bakteri vagina, hingga virus mirip flu. Namun belum ada kesimpulan pasti yang dijelaskan apakah virus Corona benar-benar bisa tertular lewat uang tunai. Terlebih, diketahui bahwa China sudah menjadi masyarakat non-tunai dan wabah corona tetap menyebar di sana. (*)

 





Loading...