Friday, 19 Apr 2024

Berbagai Fenomena Alam di Langit Indonesia Pada Bulan Februari 2020

news24xx


Postingan Observatorium BosschaPostingan Observatorium Bosscha
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Bulan Februari 2020 ini, berbagai fenomena alam akan terjadi dan bisa disaksikan masyarakat di Tanah Air. Mulai dari bulan purnama, konjungsi planet dan bulan, hingga pada terlihatnya hujan meteor.

Dikutip news24.co.id pada Jumat (7/2/2020) melalui postingan akun Instagram Observatorium Bosscha, mengumumkan semua fenomena alam yang bisa disaksikan di Indonesia. Yakni sebagai berikut:

9 Februari, Puncak Hujan Meteor Centaurid
Hujan meteor ini bisa diamati mulai pukul 21:47 WIB sampai jelang fajar. Centaurid akan mencapai titik kulminasi menjelang pukul 05.00 WIB.

Dikutip dari Langit Selatan, pada puncak hujan meteor, pengamat bisa melihat 6-7 meteor per jam dengan kecepatan 58 km/ detik.


9 Februari, Bulan Purnama
Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar menyingsing. Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang.


16 Februari, Bulan Pada Fase Kuartal Terakhir (Perbani akhir)
Bulan terbit tengah malam dan terbenam siang hari. Bulan bisa diamati pada pukul 23.38 WIB sampai jelang fajar.


18 Februari, Konjungsi Mars dengan Bulan
Para pengamat langit harus bersiap-siap melihat peristiwa yang tidak biasa ini. Bulan akan meluncur di depan Mars. Dalam waktu yang sama, Bulan dan Mars juga akan mendekati Bumi. 

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Amerika Utara, Amerika Tengah, bagian Utara Amerika Selatan, Kuba dan Haiti. Di Jakarta sendiri, Mars dan Bulan akan terlihat di langit pada pukul 01.55 WIB hingga 05.46 WIB.


20 Februari, M81 Galaksi Bode
Fenomena dapat diamati mulai pukul 19.02 WIB dan dapat dilihat dengan menggunakan binokular. Pada 20 Februari, M81 akan berada di titik tertinggi di langit.


20 Februari, Konjungsi Bulan dengan Jupiter
Bulan sabit dan Jupiter akan memiliki kenaikan yang sama sehingga tampak berpasangan di ufuk timur. Dalam waktu yang bersamaan kedua objek juga mendekati Bumi. Fenomena bisa diamati pada pukul 02.58 WIB.


27 Februari, Konjungsi Bulan dengan Venus
Venus dan Bulan sabit juga akan terlihat berdekatan di langit pada 27 Februari di rasi Pisces setelah Matahari terbenam. Masyarakat bisa menikmati fenomena ini dengan mata telanjang pada pukul 18.26 WIB.





Loading...