Friday, 19 Apr 2024

6 Fitur Yang Bakal Hadir Dalam Aplikasi WhatsApp di Tahun 2020 ini

news24xx


Ilustrasi. Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Aplikasi WhatsApp (WA) telah menginformasikan akan menghentikan dukungannya pada sejumlah ponsel Android dan iOS. Penghentian ini akan mulai dilakukan pada Awal Februari mendatang. 

Dirangkum news24.co.id dalam laman Daily Mail, versi smartphone yang tidak lagi bisa menggunakan WA adalah versi 2.3.7 atau yang lebih lawas lagi, dan untuk iOS adalah iOS 12 ke bawah. 

Bukan hanya itu saja, WhatsApp juga akan tidak bisa lagi digunakan untuk sistem operasi Windows Phone dan Windows Mobile.

Selain itu, untuk tidak mengecewakan pengguna, aplikasi perpesan milik Facebook ini terus melakukan perkembangan dan merilis sejumlah fitur terbaru. Beragam fitur ini bisa mendukung dan mempermudah kamu chatting bersama teman.

Berikut ini, fitur terbaru yang dikabarkan akan hadir pada tahun 2020 yang dirangkum dari brilionet pada Senin (6/1/2020), yakni:


1. Dark mode.
Fitur ini akan mengubah warna layar menjadi tema yang lebih gelap. Dengan tema ini kamu akan mendapatkan sensasi baru saat ber-chatting ria bersama teman. 

Selain itu fitur ini juga diharapkan dapat membantu kesehatan mata. Mengurangi ketegangan pada mata ketika harus berada di depan layar terus menerus. Bahkan metode gelap atau dark mode ini bisa menghemat masa pakai baterai.


2. Fitur pencari gambar.
Kemunculan fitur ini disinyalir karena banyak pengguna WhatsApp yang sering tertipu keaslian suatu gambar. Fitur ini masih dalam tahap pengujian, dan kemungkinan besar hanya versi WhatsApp beta yang bisa mengaksesnya. Namun bukan berarti pengguna WhatsApp lain tak bisa memanfaatkan fitur ini.

Karena kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengklik gambar di WhatsApp, lalu mencari sumber aslinya langsung di Google. Karena pihak WhatsApp akan bekerja sama dengan Google Custom Search, sehingga kamu bisa memverifikasi sumber asli foto tersebut dengan mudah dan cepat.


3. Hapus pesan otomatis.
Fitur hapus pesan otomatis ini akan menjaga kenyamanan dan privasi bagi pengguna. Pengguna bisa mengatur berapa lama waktu pesan telah dikirimkan kepada orang lain. Pengguna bisa memilih rentan waktu selama satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, atau bahkan hingga satu tahun setelah dibaca. Kemudian pesan akan otomatis terhapus atau hilang setelah dibaca oleh penerima.


4. Pemberitahuan kontak yang diblokir.
Fitur ini akan memberi pengguna akses satu ketukan untuk membuka kunci kontak yang telah mereka blokir. Saat pengguna mengaktifkan fitur 'Notifikasi Kontak Diblokir' di aplikasi, setiap kali mereka memblokir kontak, WhatsApp akan menampilkan gelembung di jendela obrolan yang akan memberikan akses sekali sentuh untuk membuka blokir kontak.


5. Iklan.
Platform ini berencana untuk mulai memasukkan promo ke dalam status WhatsApp pada tahun ini. Pemberitahuan ini telah diungkapkan pada KTT Pemasaran Facebook 2019 di Belanda. Fitur ini akan segera muncul di WhatsApp beta terlebih dulu, yang kemudian bisa tersedia juga di WhatsApp versi lain. Seperti yang diketahui, aplikasi saudara WhatsApp yakni Instagram sudah terlebih dulu memainkan fitur iklan ini.


6. WhatsApp untuk iPad.
WhatsApp dapat diakses di desktop, di Android dan di iPhone juga, tetapi aplikasi tersebut masih kekurangan dukungan untuk iPad. Selama ini aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan di iPad. 

Jika kamu mengunduh aplikasi dari Play Store di iPad, kamu akan tetap mendapatkan versi iPhone dari aplikasi tersebut. 

Menurut WaBetaInfo, masalah ini akan segera berakhir untuk pengguna iPad. Karena aplikasi obrolan ini sedang mengembangkan dukungannya untuk iPad.

Meskipun belum secara resmi diumumkan oleh pihak WhatsApp, tetapi laporan menunjukkan bahwa perusahaan sedang bekerja pada fitur ini dan dapat segera meluncurkannya.





Loading...