Friday, 26 Apr 2024

Spillway Gate PLTA Koto Panjang Ditambah Bukaan Menjadi 5x150 cm, Ini Alasannya

news24xx


Pintu waduk PLTA Koto Panjang. Pintu waduk PLTA Koto Panjang.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,Kampar - Waduk PLTA Koto Panjang kembali melakukan penambahan tinggi buka pintu pelimpah (Spillway gate) pada Jumat (13/12/2019). Hal ini, disebutkan pihak pengelola karena air sungai bagian hulu terjadi kenaikan.

"Sebelumnya, direncanakan tidak dilakukan penambahan pembukaan pintu air. Informasinya juga sudah dipublikasikan ke media," ungkap Plt Manager UL PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, dari informasi yang diterima news24.co.id (13/12).

Ia mengatakan bahwa pemberitahuan sebelumnya tidak dilakukan penambahan tinggi pintu pelimpah karena pada pagi hari terpantau penurunan elevasi air dari hari kemarin dari 83.80 mdpl menjadi 83.72 mdpl.

Cecep juga mengatakan pada pagi hari terpantau inflow masih cukup besar. Oleh karena itu sebelumnya pihak manajemen Waduk PLTA Koto Panjang mengambil kebijakan untuk tidak melakukan penambahan bukaan pintu air.

"Pagi menjelang siang, kami mendapat informasi terjadinya kenaikan air sungai di sisi hulu yaitu daerah Muaro Paiti, Gunung Bunsu dan Kapur IX," ungkap Cecep.

"Akibat itulah menyebabkan inflow ke waduk PLTA bertambah, maka dengan itu dilakukannya penambahan pembukaan pintu air pada sore hari pukul 16.00 Wib," ungkap dia.

Lebih lanjut pihak pengelola PLTA Koto Panjang, masih terus mengimbau kepada masyarakat di sisi hilir sungai Kampar untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Sebagai informasi, pintu pelimpah (Spillway gate), pada sore tadi dilakukan penambahan buka 5 pintu pelimpah menjadi masing-masing 150 cm dari yang sebelumnya 100 cm.

 

 





Loading...