Saturday, 20 Apr 2024

Ketinggian Elevasi Waduk PLTA Koto Panjang Saat ini Level 82.12 mdpl Masih Normal

news24xx


Waduk PLTA Koto Panjang (dok. @plta_koto_panjang)Waduk PLTA Koto Panjang (dok. @plta_koto_panjang)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,KAMPAR - Turunnya hujan yang terus menerus di wilayah hulu PLTA Koto Panjang membuat elevasi (ketinggian air) waduk PLTA meningkat. Ketinggian elevasi di waduk PLTA saat ini telah berada pada level 82.12 mdpl.

Pihak pengelola PLTA Koto Panjang menyebutkan ketinggian ini masih berada dalam level normal.

Catatan: 
Elevasi minimum : 73.50 mdpl
Elevasi Normal : 80.5 mdpl
Elevasi Maksimum : 85.00 mdpl

Pihak pengelola melalui publikasinya menyampaikan untuk saat ini pola operasi beban PLTA Koto Panjang 3 x 38 MW. Elevasi Waduk masih pada Normal Water Level. 

Namun, disampaikannya agar masyarakat disepanjang bantaran sungai Kampar harus tetap waspada karena saat ini sudah masuk musim penghujan dan beberapa titik daerah di hulu mengalami elevasi sungai di atas batas normal, yang mengakibatkan kenaikan elevasi di waduk PLTA Koto Panjang.

Lebih lanjut, pihak pengelola akan terus melakukan pemantauan dan akan menginformasikan untuk Pembukaan Pintu Spillway akan dilakukan sesuai SOP dan dilakukan, yakni jika:

1. BlackOut (padam total)

2. Saat Elevasi berada pada 83.00 Mdpl dengan Inflow > 1000 m3/s (inflow diatas seribu meter kubik)

Pembukaan Pintu Spillway sebagaimana pada poin 2 akan dilakukan pemberitahuan ke warga dan juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kampar.

Di sisi lain, dari informasi masyarakat di daerah Pangkalan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat, menyebutkan air sudah mulai menggenangi beberapa wilayah. 





Loading...