Friday, 19 Apr 2024

Di Wilayah Indonesia Lainnya Gerhana Matahari Hanya Terlihat Sebagian

news24xx


Penjelasan dari LAPAN tentang Gerhana Matahari Cincin.Penjelasan dari LAPAN tentang Gerhana Matahari Cincin.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) bakal melewati sebagian wilayah Indonesia. Dari keterangan Kepala Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Clara Yatini menjelaskan, Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada 26 Desember 2019. Penampakan gerhana ini cuma bisa dilihat di sebagian Sumatera dan Kalimantan. 

"Yang paling baik dan lama (Gerhana Matahari Cincin) terjadi di Kabupaten Siak, di Pulau Pedang," ujar Clara dalam saluran YouTube LAPAN dikutip Selasa 2 Juli 2019. 

Clara menyebutkan fenomena alam ini juga bisa dilihat di wilayah lainnya di Indonesia, hanya saja bentuknya adalah sebagian saja.

Clara menyebutkan, untuk daerah Sumatera Selatan cuma bisa melihat gerhana sebagian sampai 80 persen, sedangkan pengamat di Pulau Jawa bisa melihat gerhana sebagian ini cuma 70-80 persen. 

"Intinya Gerhana Matahari Cincin ini bisa dilihat seluruh wilayah, hanya yang berbentuk cincin cuma bisa dilihat di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak dan Kepulauan Riau serta sebagian Kalimantan Barat bagian utara yakni di Kabupatan Singkawang," ujar Clara. 

Dia menjelaskan, GMC terjadi bila posisi Matahari, Bulan dan Bumi berada dalam posisi segaris, serta Bulan berada di tengah-tengah konfigurasi tersebut.

"Pada saat itu (26 Desember 2019) posisi Bulan berada di titik terjauh dari Bumi, maka gerhana Matahari yang terlihat adalah Gerhana Matahari Cincin," ucapnya. 





Loading...