Thursday, 25 Apr 2024

Yan Prana akan Dilantik Gubernur Riau Sebagai Sekdaprov Riau Siang Ini, Berikut Profil Singkatnya

news24xx


Yan Prana dilantik sebagai Sekdaprov Riau.Yan Prana dilantik sebagai Sekdaprov Riau.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi atau Sekdaprov Riau akan dilantik Gubernur Riau Syamsuar pada siang hari ini, Jumat, 22 November 2019.

Nama yang terpilih dan dilantik adalah Yan Prana Jaya Rasyid.

Yan Prana kelahiran Pekanbaru pada 18 Oktober 1965, lulusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Yan Prana diangkat sebagai PNS pada tahun 1995, dan ditempatkan  di daerah Riau Pesisir Kabupaten Bengkalis. Ia juga mengabdi di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Siak.

Di Kabupaten Bengkalis, ia meniti karir sebagai Kasubag Analisa Kebutuhan Bagian Perlengkapan di Pemkab Bengkalis 1998-2001, kemudian Pj Kasubag Analisa Kebutuhan Pemkab Bagian Perlengkapan Bengkalis di 2001.

Pada 2003, Yan Prana dipindahkan ke Bagian Umum diberi jabatan Kasubag Tata Usaha Pimpinan dan Keuangan selama dua tahun hingga 2005.

Disusul Pj Kepala Bagian Ekonomi 2005-2006, Kabag Tata Usaha di Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah 2006-2009, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan 2009-2010.

Yan Prana diminta pemikirannya untuk bangun Siak, saat Syamsuar menjabat sebagai Bupati Siak pada 2011 lalu. 

Di Siak, Yan Prana menjabat sebagai Penjabat Kepala Bappeda Siak, 19 September 2011 hingga 10 Januari 2013.

Kemudian, tahun 2013 hingga 2016, difenitifkan sebagai Kepala Bappeda Siak 2013-2016 serta Kepala Bappeda, Penelitian dan Pengembangan Siak 2016-2017, terakhir Kepala Badan Keuangan Daerah terhitung 3 Oktober 2017 hingga sekarang.

Saat mengikuti proses seleksi Sekdaprov, Yan Prana melamar dengan pangkat dan golongan ruang Pembina Utama Muda/IVC.


Ada sesuatu yang tersembunyi dengan diangkatnya Yan sebagai Sekdaprov Riau.Meski sejauh ini belum ada keterangan resmi dari BKD Riau soal nama Sekdaprov Riau, namun dari deretan papan bunga yang dijejer di sekitar Gedung Daerah sudah mengerucut ke satu nama yakni Yan Prana Jaya Indra Rasyid atau yang akrab dipanggil Yan Prana

Deretan karangan bunga dari berbagai instansi, pejabat, politisi, tokoh masyarakat dan perusahaan tersebut begitu jelas memampangkan nama Yan Prana Jaya Indra Rasyid sebagai Sekdaprov Riau yang akan dilantik siang ini.

Yan Prana dijadwalkan akan dilantik Jumat (22/11/2019) siang ini setelah salat jumat.

Gubenur Riau Syamsuar secara resmi akan melantik Yan Prana di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Dari sebaran undangan, pelantikan dijadwalkan pada pukul 14.00 Wib. Pelantikan Sekdaprov Riau ini dipusatkan di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Siang ini, habis shalat Jumatan pelantikanya" ucap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, Jumat (22/11).


Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan surat Keputusan Presiden (Kepres) tentang penunjukan Sekdaprov Riau. Kepres tersebut sudah diterima oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Rabu (20/11/2019) sore lalu.

Diterbitkannya Kepres tersebut, maka kekosongan Sekdaprov Riau yang sudah berlangsung selama lebih kurang 3,5 bulan pun akan segera diisi dengan Sekdaprov Riau yang baru.

Ada tiga nama yang diusulkan ke Kemendagri untuk ditetapkan sebagai Sekdaprov Riau. Yakni Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, Yan Prana, kemudian Sekda Inhil Siad Syaripuddin dan Kepala Dinas Perindustrian Riau Asrizal.

Ketiga nama ini diusulkan ke presiden untuk ditunjuk menjadi Sekdaprov Riau setelah melalui Seleksi Terbuka yang dilakukan oleh tim Pansel.

 





Loading...