Saturday, 20 Apr 2024

Manfaat Bunga Kembang Sepatu, Cocok Untuk Wanita Agar Terlihat Cantik

news24xx


Tanaman bunga kembang sepatu. Tanaman bunga kembang sepatu.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID

Bunga sepatu kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino. Bunga ini kerap digunakan dalam pengobatan herbal Ayurveda dan ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. 

Selain itu, kandungan vitamin C dan emollient dalam bunga kembang sepatu sama ampuhnya dengan botox. Dan nutrisi dalam bunga sepatu dapat melembapkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di pori-pori kulit.

Mau coba memanfaatkan bunga sepatu di halaman Anda untuk perawatan kecantikan alami? Simak tips dari Style Craze dan WiseShe berikut.

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Nutrisi dari mahkota bunga sepatu yang dijadikan masker dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan karenanya dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Jika ingin mencoba merawat rambut dengan bunga sepatu, Anda tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari mahkota dan daun bunga sepatu.

Untuk caranya adalah campurkan mahkota bunga sepatu dan beberapa lembar daunnya yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Gunakan sebagai masker rambut. Terapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan selama beberapa menit.

Jika ingin membuat conditioner dari bunga sepatu, Anda tinggal mengganti air dalam resep masker tadi dengan minyak kelapa.

2  Menebalkan Alis

Karena berkhasiat untuk menyuburkan dan mencegah kerontokan rambut, mahkota bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk menebalkan alis yang tipis.

Petik satu bunga sepatu segar, lalu haluskan mahkotanya saja. Oleskan pada alis, kemudian diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin sesudahnya. Lakukan perawatan ini minimal dua hari sekali untuk hasil maksimal.

3. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Efek anti-aging yang dimiliki bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi rambut dari penuaan dini. Gunakan resep masker rambut di poin pertama untuk perawatan antiuban.

4. Mewarnai Rambut Secara Alami

Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut dengan warna merah gelap adalah segenggam kelopak bunga sepatu merah dan segenggam kelopak mawar merah. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air.

Aplikasikan ke rambut seperti ramuan-ramuan sebelumnya. Untuk campuran pewarna ini, semakin lama Anda mendiamkannya sebelum dibilas, akan semakin maksimal hasilnya.

Ulangi proses tersebut 2 sampai 3 kali seminggu agar warna merah yang didapatkan lebih bagus. Tah hanya memberikan warna merah yang alami, campuran ini juga bisa memberikan kilau yang cantik pada rambut.

5. Mencegah Jerawat

Karena mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang cukup tinggi, bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah jerawat.

Ingin mendapatkan efek antijerawat dari bunga sepatu? Anda bisa membuat minyak bunga sepatu dengan resep di bawah ini.

Bahan: 5 kuntum bunga sepatu merah, 5 lembar daun bunga sepatu, 230 ml minyak zaitun/canola

Caranya: Tumbuk bunga dan daun sepatu sebentar (tak perlu sampai halus). Kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan minyak dan aduk rata. Kemudian panaskan di atas api kecil sampai panas. Angkat panci dari kompor. Biarkan campuran minyak sedikit dingin, kemudian saring. Kemudian oleskan minyak ini pada kulit yang berjerawat secara teratur. Gunakan bola kapas atau cotton bud untuk aplikasi topikal.

6. Mencegah Penuaan Dini

Minyak bunga sepatu yang sudah Anda siapkan dengan petunjuk di poin sebelumnya bisa dimanfaatkan pula untuk perawatan anti penuaan. Sebab emollient dan vitamin C di dalamnya berperan untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit.

Oleskan sedikit minyak bunga sepatu pada wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sekaligus membantu peresapan minyak ke dalam pori-pori kulit.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Bunga sepatu ternyata juga mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa memanfaatkan bunga ini untuk scrub tubuh.

Ambil segenggam bunga sepatu merah atau putih. Tumbuk sebentar (jangan sampai terlalu halus), kemudian gunakan untuk scrub. Gosokkan ke kulit dalam gerakan melingkar. Setelah itu bilas tubuh hingga bersih.

Itulah cara-cara memanfaatkan bunga sepatu untuk kecantikan yang bisa Anda coba di rumah.





Loading...