Saturday, 27 Apr 2024

Menjelang Maulid Nabi, Ini Tiga Amalan Yang Perlu Ditingkatkan Umat Muslim

news24xx


Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabi'ul Awal.Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabi'ul Awal.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabi'ul Awal dilaksanakan pada esok hari, Sabtu, 9 November 2019. Untuk lebih mendekatkan diri dan mendapatkan keridhoan Allah, ada tiga amalan yang perlu ditingkatkan, salah satunya adalah membaca 5 shalawat nabi.

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW dari pasangan Sayyidah Aminah dan Abdullah. Ayah Nabi Muhammad telah meninggal dunia saat ia masih berada dalam kandungan.

Menurut hadits riwayat Imam Ibnu Ishaq dari Sayyidina Ibnu Abbas, Rasulullah dilahirkan pada malam yang tenang:

وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ

“Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awwal, Tahun Gajah.” (Imam Ibnu Hisyam, juz 1, halaman 183).

Di dalam kitab suci Al Quran juga disebutkan bahwa bumi sampai bergetar hebat dan seluruh langit pada hari itu terang dipenuhi cahaya setelah Rasulullah dilahirkan.

Peristiwa lain di dunia saat kelahiran Nabi Muhammad juga memunculkan berbagai kebaikan dan mukzizat. Ka’bah pun disebutkan ikut bergetar selama tiga hari karena bahagia menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengingat istimewa dan pentingnya hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, maka jadi tanggal bersejarah dan diperingati umat muslim sebagai tolak ukur. Banyak muslim yang bersuka cita dan mengucap syukur saat memperingati hari Maulid Nabi.

Tak hanya bersyukur dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, kamu juga bisa memperbanyak 3 amalan lainnya, terutama menjelang Maulid Nabi, yakni:


1. Bersedekah

Di sejumlah wilayah umat muslim bisa bersedekah melalui tradisi perayaan Maulid Nabi. Tradisi-tradisi di berbagai wilayah biasanya menyediakan makanan, barang, bahan pokok hingga uang untuk di bagikan kepada seluruh masyarakat.

Misalnya seperti tradisi Bungo Lado di Padang Pariaman, Karesen di Mojokerto, Baayun Maulid di Banjarmasin dan masih banyak tradisi Maulid Nabi lainnya diberbagai daerah.

2. Berpuasa

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW umat islam juga dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa. Ketika beliau ditanya mengapa berpuasa pada hari Senin, Nabi Muhammad SAW menjawab, "Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan [Al-Qur'an] kepadaku)" (HR. Muslim).

Maka dari itu umat muslim dianjurkan untuk menjalankan amalan ibadah puasa.


3. Membaca Shalawat Nabi

Shalawat nabi yang sering dibaca umat muslim yaitu shalawat yang terdapat dalam ibadah salat lima waktu yang kita kerjakan.

Namun, dari konsultasi syariah, umat muslim bisa juga membaca bacaan shalawat-shalawat lain, seperti Shalawat Ma'tsuroh, Shalawat Ibrohimiyah, Shalawat Al-Fatih, Shalawat Quthbul Aqthob, dan masih banyak jenis shalawat yang lain.


Sholawat ma’tsuroh 

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Bacaan Latin : ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIYYI WA ‘ALAA AALIHI WASALLIM

Artinya : “Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya”


Sholawat Ibrohimiyah 

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Bacaan Latin: Allaahumma Shalli’Alaa Muhammad, Wa’Alaa Aali Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim.

Wabaarik’Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil’Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid.

Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”


Shalawat Al-Fatih

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

Bacaan Latin : ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADDINIL FATIHI LIMA UGHLIQO WAL KHOTIMI LIMA SABAQO, NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HADI ILA SHIROTIKAL MUSTAQIM WA ALA ALIHI HAQQO QODRIHI WA MIQ DARIHIL ADZIM

Artinya:

“Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”


Shalawat Quthbul Aqthob

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.

Bacaaan Latin : Bismillah hirahman nirrohim, Allahuma sholli 'ala sayyidina muhammad fil awwaliin, washolli 'ala sayyida muhammad fil akhirin, washolli 'ala sayyidina muhammad finnabiyiin, washolli 'ala sayyida muhammad fil mursaliin , washolli 'ala sayyida muhammad filmala'il 'a'la ila yauwmiddin.

Artinya :

”Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang memiliki kemiliaan sampai hari kiamat. ”


Shalawat Ummy

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Bacaaan Latin : Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

 





Loading...