Friday, 19 Apr 2024

Dibuang Sayang, Manfaat Batang Pisang Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

news24xx


Batang pisang yang sudah di kemas yang dijual di supermarket.Batang pisang yang sudah di kemas yang dijual di supermarket.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Batang pisang atau dikenal gedebog pisang kerap kali diabaikan. Padahal ini dapat bermanfaat bagi kesehatam tubuh untuk mengatasi masalah kolesterol hingga kepada batu ginjal.

Di luar negeri, gedebog pisang dikenal dengan nama 'banana stem'. Dan justru lebih terkenal dan dimanfaatkan. Bahkan harga untuk mendapatkannya pun sangat tinggi. 

Banana Stem ini laku dijual di supermarket seperti di Amerika, didapatkan di Asian Market. Satu potongan batang pisang atau Banana Stem dibanderol USD5,95 arau setara Rp 85.000.

Tentu saja di negera maju manfaat dan khasiat gedebog ini ditemukan berdasarkan penelitian. Sayangnya di Indonesia gedebog kerap ditemui dibuang begitu saja. 

Belum banyak yang tahu, sering dibuang karena dianggap tidak penting padalal batang pisang kaya manfaat. Padahal ini juga digunakan sebagai ramuan obat alami. Pemanfaatannya dijadikan ramuan obat alami itu bisa mengobati atau mencegah bebarapa penyakit berbahaya.

Beberapa manfaat gedebog pisang dapat diolah menjadi jus. Dan berikut ini beberapa manfaat dari jus batang pisang bagi kesehatan tubuh, dikutip dari himedik.com.

1. Detoksifikasi dan pencernaan
Manfaat batang pisang atau gedebog dijadikan jus dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahan alami terdapat di batang pohon sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan yang menyebabkan penyakit.

Manfaat jus batang pohon pisang ini membantu memperlancar buang air besar (BAB). Ini karena batang pisang mengandung serat baik dan cukup tinggi.

Selain itu batang pisang juga mengandung berbagai nutrisi. Di antaranya tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B6, saponin, zat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin dan lain sebagainya.

2. Mengobati batu ginjal dan ISK
Mengkonsumsi olahan batang pisang menjadi jus batang pisang ditambah campuran kapulaga akan lebih berkhasiat untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah penyakit batu ginjal.

Anda juga bisa minum jus batang pisang dengan campuran jeruk nipis untuk mencegah pembentukkan batu ginjal. Cara ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan penyakit ISK.

3. Penurunan berat badan
Bagi Anda yang diet, manfaat jus batang pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula. Ini dapat memperlambat lemak dalam sel-sel tubuh manusia. Hasilnya, batang pisang ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan naik drastis.

4. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah
Manfaat jus batang pisang juga kaya akan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemglobin manusia.

Selain itu, mengkonsumsi jus batang pisang juga karena diperkaya kalium dapat efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menetralisir asam lambung
Bagi orang yang memiliki masalah lambung atau asam lambung, manfaat jus batang pohon pisang bisa jadi pilihan sebagai ramuan obat alami. Karena jus batang pisang efektif membantu mengatur kadar asam dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan.

Jika mengonsumsi jus batang pisang secara rutin, penderita asam lambung tidak akan lagi merasakan perut perih atau panas.





Loading...