Thursday, 25 Apr 2024

Tiga Hari Ini Puasa Ayyaamul Bidh, Ini Keutamaan dan Manfaat Yang Diperoleh

news24xx


Puasa Ayyaamul BidhPuasa Ayyaamul Bidh
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan umat muslim setiap pertengahan bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah. Puasa ini dilakukan hanya tiga hari setiap pertengahan bulan yakni 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah, kecuali hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Puasa ini dilakukan yang jatuh pada bulan Oktober 2019 ini pada Sabtu (12/10), Minggu (13/10), dan Senin (14/10).

Ayyamul Bidh dikenal juga dengan puasa putih karena pada tanggal tersebut bulan sedang terlihat terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih.

Lantas apa keutamaan dan manfaat puasa itu?

Hukum menjalankan ibadah puasa sunnah Ayyamul Bidh bagi umat muslim, seperti dikutip dari CNN.com (12/10), ustadz Wahyul Afif Al Ghafiqi mengatakan, puasa sunnah Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan, yang diantaranya pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa ini akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

Manfaat puasa Ayyamul Bidh ama dengan puasa lainnya, antara lain:

1. Detoksifikasi tubuh
Puasa Ayyamul Bidh dapat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh atau proses pembuangan racun. Racun dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Tubuh pun akan sehat dengan terbuangnya racun-racun dalam tubuh.

2. Dapat mengurangi lemak tubuh
Puasa dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita. Karena dengan berpuasa, energi dalam tubuh kita dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa dalam tubuh. Jadi selain mendapat pahala, puasa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Dengan puasa, sistem imunitas tubuh akan meningkat. Agar sistem imunitas tubuh meningkat, dianjurkan untuk makan makanan bergizi.

4. Mengistirahatkan saluran pencernaan
Selama kita puasa, saluran pencernaan kita beristirahat sejenak. Setelah berbuka puasa, saluran pencernaan kita dapat bekerja lebih optimal lagi.


Adapun cara untuk melakukan puasa sunnah Ayyamul Bidh adalah sama dengan puasa lainnya yakni dari terbit fajar sampai terbenam matahari dan didahului dengan niat.

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamul Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.


Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala."

 





Loading...