Wednesday, 23 Oct 2019

Siapa yang akan Melantik Jokowi-Maaruf Amin? Ahmad Basarah atau Bamsoet?

news24xx


Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Maaruf AminPresiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Maaruf Amin

NEWS24.CO.ID - Sejumlah partai politik sudah menyiapkan kadernya untuk mengisi kursi Majelis Permusyawaratan Rkayta. Sosok Ahmad Basarah digadang-gadangkan akan menjadi Ketua MPR yang akan diusung oleh partai pemenang Pemilu 2019, PDI P.

Hal ini dilakukan menyusul revisi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menambahkan poin tentang kursi pimpinan MPR sesuai jumlah fraksi yang duduk di parlemen yakni 10 kursi.

Sejumlah nama lain, seperti Bambang Sosesatyo juga digadang-gadangkan akan menduduki kursi Ketua MPR. Namun, sidang pemilihan Ketua DPR MPR dan DPD RI masih akan berlangsung.

Jokowi-JK Hadiri Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna ke-1 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10) siang.

Rapat pengambilan sumpah dan janji dipimpin oleh Pimpinan DPR RI sementara yang yang ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan usia, yaitu tertua Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi Partai NasionalisDemokrat (Nasdem).

Pengambilan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali. Semua anggota DPR RI secara bersama-sama melafalkan sumpah sebelum resmi menjabat sebagai anggota parlemen,

Puan Maharani, Yasonna dan Johan Budi Dilantik

Terdapat dua anggota kabinet kerja yang dilantik menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024, yaitu Puan Maharani (mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/PMK) dan Yasonna H. Laoly (mantan Menteri Hukum dan HAM). Selain itu, juga terdapat mantan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi, yang turun dilantik sebagai anggota DPR RI.

Setelah menghadiri pelantikan anggota DPR RI, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di tempat yang sama juga menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2019-2024, dan selanjutnya menghadiri pelantikan anggota Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Pelantikan anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI periode 2019-2024 itu dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara sahabat.





Loading...