Wednesday, 23 Oct 2019

Coba Muay Thai, Olahraga yang Bikin Kurus Sedang Banyak Digandrungi

news24xx


Muay ThaiMuay Thai

NEWS24.CO.ID - Belakangan, jika kamu rajin melihat postingan para selebriti tanah air, mereka suka berolahraga, kan? Tren olahraga di kalangan selebriti tentu tujuan utama selain menjaga kebugaran adalah ingin memiliki tubuh ideal. Bisa dilihat dong bagaimana slimnya selebriti idola kamu. Misalnya saja Zaskia Sungkar, Gisel, Nana Mirdad dan masih banyak yang lain, ya.

Dari postingan mereka, kalian tentu bisa menebak dong ya jenis olahraga apa yang dilakoni para selebriti itu. Yap, Muay Thai.

Muay Thai memang lagi digandrungi banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Olahraga Muay Thai merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Thailand. Awalnya Muay Thai identic dengan yang namanya kekerasan. Namun, saat ini teknik-teknik dalam Muay Thai sudah jauh lebih aman jika tujuannya untuk olahraga.

ASAL USUL

Sebelum memasuki manfaat dari Muay Thai, kita perlu mengetahui asal-usul bela diri ini. Muay secara etimologi atau kata Muay berasal dari Bahasa Sansekerta, bahasa zaman Kerajaan yang juga digunakan di Indonesia, yaitu Mavya yang artinya bela diri. Sedangkan Thai berasal dari Tai artinya suku Tai.

Dikutip dari Wikipedia, berbagai bentuk kickboxing telah lama dipraktikkan di seluruh daratan Asia Tenggara. Berdasarkan kombinasi dari China dan seni bela diri India, praktisi Muay Thai mengklaim bahwa Muay Thai telah ada selama dua ribu tahun.

Di Kerajaan Thai, Muay Thai berevolusi dari Muay Baron (tinju kuno), sebuah metode pertempuran tangan kosong yang mungkin telah digunakan oleh tentara bangsa Siam setelah kehilangan senjata mereka di pertempuran. Beberapa juga percaya bahwa militer bangsa Siam kuno menciptakan Muay Thai dari seni berbasis senjata Krabi Krabong tetapi yang lain berpendapat bahwa keduanya dikembangkan bersamaan satu sama lain. 

Krabi Krabong tetap merupakan pengaruh penting pada Muay Thai seperti dapat dilihat pada beberapa teknik tendangan, pitingan dan gerakan-gerakan dalam Whai Kru yang memiliki asal usul mereka dalam pertempuran bersenjata.

MANFAAT MUAY THAI

Nah, berikut ini manfaat olahraga Muay Thai yang perlu kamu ketahui.

1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Sudah tahu dong kenapa para idola kamu memilih olahraga ini? Muay Thai sudah berkembang dan mulai mengusung teknik body shaping. Inilah yang bisa menurunkan berat badan kamu.

Olahraga muay thai menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot. Teknik-teknik bela diri yang digunakan meliputi pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut, sehingga pada saat berlatih, tanpa sadar semua bagian tubuhmu bergerak.

Gerakan-gerakan seperti memutar tubuh, menyerang dengan sikut dan menendang dapat mengencangkan dan membakar lemak pada tubuh. Jika muay thai dilakukan secara rutin, maka bukan tidak mungkin tubuhmu akan menjadi lebih ramping dan kencang. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, kamu disarankan untuk berlatih minimal dua kali dalam seminggu.

2. Dapat Menghilangkan Stress

Muay thai memiliki nama lain yaitu thai boxing. Teknik-teknik bela diri yang digunakan meliputi pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut. Nah, teknik-teknik itu bisa kamu jadikan sebagai luapan emosi dan beban pikiran setelah beraktivitas seharian.

3. Perlindungan Diri Sendiri

Membentengi diri dengan olahraga bela diri adalah modal untuk menangkis kejahatan yang ada di luaran. Nggak pernah ada yang bisa menduga kejadian-kejadian atau niat jahat orang yang kamu temui di jalan. Dengan berlatuh Muay Thai kamu jadi punya modal untuk melindungi diri sendiri kalau bertemu dengan orang jahat. Refleks dan kewaspadaan kamu pun akan meningkat dengan terus berlatih Muay Thai

Nah, kalau kamu berlatih Muay Thai, selain kuat, bisa melindungi diri, bonusnya bisa punya body yang bikin banyak orang envy. (GANP)





Loading...