Thursday, 25 Apr 2024

Tentang Hujan Es di Pelalawan, Ini Penjelasan dari BMKG Pekanbaru

news24xx


Screenshoot dok BMKG Pekanbaru.Screenshoot dok BMKG Pekanbaru.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Hujan yang terjadi pada Senin (23/9/2019) telah mengguyur sebagian wilayah di Provinsi Riau. Hujan ini terjadi selama 1 jam. Dan sebagian masyarakat Riau mendapatkan keanehan akibat hujan.

Masyarakat di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, dikejutkan dengan fenomena alam berupa hujan es yang terjadi pada Senin, 23 September 2019 pukul 13.00 Wib.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki menjelaskan, fenomena hujan es biasanya terjadi saat masa transisi atau pancaroba musim. 

"Baik dari musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya di Indonesia, fenomena hujan es ini sudah kerap terjadi. Fenonema hujan es (hail) terjadi akibat presipitasi (turunnya hujan) yang terdiri dari bola-bola es dengan diameter antara 5 milimeter sampai 50 milimeter atau bahkan lebih," terang Marjuki.

Dijelaskan Marzuki juga bahwa salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku (freezing level).

Awan yang tinggi puncaknya melebihi titik beku ini akan memiliki bagian atas yang suhunya lebih rendah dari nol derajat Celcius, sehingga awan tersebut mempunyai peluang sangat besar memproduksi es.

Pada masa pancaroba dikatakannya, biasanya akan terjadi pembentukan awan secara konvektif dimana massa udara basah terangkat ke atas dan membentuk awan yang puncaknya melebihi freezing level dan terjadilah proses pengintian es.

"Hujan es dapat turun dalam berbagai macam ukuran dan dapat juga disertai dengan angin kencang," ungkap Marjuki.

Warga mengungkapkan saat hujan es sangat jelas terdengar menghantam atap rumah warga yang berbahan seng. Masyarakat  juga bingung turunny hujan es. Dan banyak masyarakat yang mengabadikan fenomena ini dan mempostingnya di media sosial instagram.





Loading...