Tuesday, 16 Apr 2024

Riau dan Kalimantan Diguyur Hujan Pada Hari ini

news24xx


Dok. BNPBDok. BNPB
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan informasi bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Agus Wibowo menyebutkan wilayah yang diguyur hujan berada di Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kab. Kepulauan Meranti, Riau.

“Dari hasil penyemaian TMC pada siang hari, Alhamdulillah pada Sabtu sore (21 September) pukul 16.40 sampai 17.00 telah turun hujan dengan intensitas sedang-deras di wilayah Koramil 02/Tebing Tinggi, khususnya di Kec. Rangsang dan Kec. Tebing Tinggi Timur, Kab. Kepulauan Meranti,” kata Agus, dalam informasi yang dipublikasikannya pada Minggu, 22 September 2019.


Agus mengatakan bahwa BNPB sebelumnya masih memakai teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatera.

Dijelaskanny, operasi TMC dilakukan setelah BMKG mengirimkan informasi mengenai potensi awan hujan di wilayah Kalimantan dan Sumatera sebagai target penyemaian.

"Pada Sabtu kemarin, 10 ribu kilogram Kalsium Oksida (CaO) atau kapur tohor aktif telah dikirim untuk operasi mengurangi kepekatan kabut asap yang melanda di pulau Kalimantan," ungkapnya

"Sedangkan untuk Riau, sebanyak 10 ribu kilogram kapur tohor aktif akan dikirim Minggu pagi. Diharapkan dengan kombinasi operasi pengurangan kabut asap dengan kapur tohor aktif dan TMC ini bisa membuat hujan turun lebih mudah," sambungnya.





Loading...