Wednesday, 23 Oct 2019

Sinergi DPR - Wartawan Harus Diperkuat

news24xx


Suasana diskusi pada FKSPK DPR RI 2019. Suasana diskusi pada FKSPK DPR RI 2019.

NEWS24.CO.ID -Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan pentingnya peran wartawan dalam mensosialisasikan kegiatan dan hasil kerja Dewan. Oleh karenanya, membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara Pimpinan dan Anggota Dewan serta Kesetjenan DPR RI dengan wartawan, khususnya Koordiantoriat Wartawan Parlemen sangat penting dilakukan. 

 

“Wartawan itu fungsinya menginfokan kegiatan di Parlemen. Jadi saya kira sinergi antara wartawan itu harus diperkuat dan dijaga. Seperti yang disampaikan Ketua DPR bahwa output kerja DPR harus sampai ke masyarakat," ujar Indra kepada wartawan usai menghadiri Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR RI di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

 

Indra juga mengungkapkan bahwa saat ini ia bersama seluruh jajaran Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI sedang fokus dalam meningkatkan akses pengetahuan masyarakat kepada sidang-sidang di seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI, meskipun hal itu sudah dilakukan melalui aplikasi DPR Now!.

 

Namun ia sedang berupaya membangun sistem, agar masyarakat juga bisa mengetahui terkait laporan singkat (lapsing) dan kesimpulan rapat secara tertulis dan real time. “Sistem sedang dibuat. Agar lapsing dan risalah semuanya juga bisa diakses masyarakat,” sambung Indra.

 

Untuk periode Dewan mendatang, Indra memastikan bahwa Kesetjenan dan BK DPR RI akan tetap semangat dalam mendorong terwujudnya Parlemen Modern, meskipun setengah dari total Anggota DPR RI periode 2014-2019 tidak akan menjabat lagi. Indra juga mengungkapkan bahwa peralihan masa jabatan ini tidak mengganggu upaya-upaya mewujudkan peran modern. 

 

“Anggota dewan ke depan hampir setengahnya baru. Tentu kami berharap ada semangat untuk mendorong tewujudnya fokusi DPR, yakni anggaran, pengawasan dan legislasi. Juga mewujudkan Parlemen Modern," tutup Indra. (Ditha Adinda)





Loading...