Thursday, 25 Apr 2024

Tanggapi UAS, Dalam Dakwah Tak Boleh Ejek Agama Orang Lain dan Lukai Agama Lain

news24xx


Habib Sholeh al Muhdar, Pengurus Majelis Permusyawaratan Pegasuh Pondok Pesantren Indonesia. /istimewaHabib Sholeh al Muhdar, Pengurus Majelis Permusyawaratan Pegasuh Pondok Pesantren Indonesia. /istimewa
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Ketua Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia, Habib Sholeh Al Muhdar, meminta semua ulama, habib, muballigh, dai agar lebih berhati-hati dalam menyampaikan dakwah, agar jangan sampai melukai umat agama lain.

"Dakwah itu tidak perlu menjelek-jelekkan umat beragama yang lain, tidak perlu kita membuat pernyataan yang dapat membuat kekisruhan antar umat beragama," ujar Habib Sholeh, kutipan dari laman jurnal.com, Sabtu (24/8/2019).

Pernyataan Habib Sholeh ini menanggapi isi ceramah Ustad Abdul Somad (UAS) yang diviralkan saat menjawab pertanyaan jamaah terkait salib agama kristen, yang kemudian memicu protes.

"Sudahlah. Saya ingatkan kepada UAS, kalau pidato atau ada orang yang bertanya saya minta untuk sangat hati-hatilah menjawabnya. Jangan sampe menyinggung perasaan orang gitu. Jadikan yang kemarin itu sebagai pelajaran," kata Habib Sholeh.

Habib Sholeh menyebutkan juga agar setiap orang harus pandai bertutur kata, agar jangan menyinggung perasaan orang. Sebab tidak boleh kita menyakiti perasaan orang, sehingga memicu kebencian.

"Islam mengajarkan agar kita menyampaikan kebenaran tanpa harus melukai perasaan orang. Ayolah, kepada semua mubaligh semua dai untuk bisa mendinginkan, tidak untuk mencela orang atau agama lain," tegasnya.

Habib Sholeh mengatakan sangat penting bagi para alim ulama untuk memahami bahwa hidup rukun dan damai sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Ia mengatakan, ini agar umat Islam bisa tenang beribadah, demikian juga umat kristiani, katolik, hindu, budha. Agar beribadah sesuai keyakinan masing-masing tanpa saling mencela.

"Jadi kita harus saling menjaga ukhuwah. Irhakumu man fil ardi yarhukumam fissamaai. Kasihi yang ada di muka bumi, maka yang di langit akan mengasihinya BonsaiQQ," jelasnya.





Loading...