Saturday, 20 Apr 2024

Uang Hancur Dimakan Rayap Setelah Disimpan, Netizen Tanggapi Dengan Begini

news24xx


Unggahan uang hancur dimakan rayapUnggahan uang hancur dimakan rayap
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Putri Buddin (23) mengunggah hasil temuannya di akun Twitter-nya, @putribuddin, dan pengalamannya ini menjadi viral di media sosial.

Dalam foto yang diunggahnya terlihat tumpukan uang dalam plastik dalam kondisi rusak. Uang jutaan rupiah yang ditabung Putri dimakan rayap dan menyebabkan kerusakan pada yang tersebut. Unggahan Putri ini dibagikan ulang lebih dari 2.500 kali dan disukai lebih dari 2.500 akun.

Putri menceritakan tentang uang jutaan rupiah yang ternyata ditabung untuk sang nenek yang telah meninggal dunia. Pada Selasa (20/8) kemarin, ia menceritakan kepada awak media yang dikutip dari kompas.com, "Jadi, aku kasih ke nenek aku sekitar Rp 3 jutaan. Kata nenekku enggak mau pakai, makanya aku taruh di lemari. Aku bilang kalau nenek butuh uang, ambil saja di dalam lemari," ujar Putri. 

"Terus bukannya diambil, tapi ditambahin sampai Rp 10 jutaan. Aku enggak tahu dan lupa juga pernah menaruh uang di lemari itu," lanjut Putri.

Putri yang berdomisili di Jakarta Selatan itu memberikan uang itu kepada nenek hampir sekitar satu tahun yang lalu. Namun, setelah sang nenek berpulang, dan ia mengecek uang yang pernah ia berikan kepada neneknya sebagai persediaan jika ada kebutuhan mendesak.

Saat mengecek isi lemari, Putri menemukan dua bungkus plastik berisi uang. "Ada 2 bundle (bungkus). Satu bundle di map kertas bank, 1 bundle lagi di plastik. Yang di map langsung dibuang karena jadi sarang rayap. Yang diplastik itu yang saya unggah di Twitter," kata Putri.

Kemudian, ia menghitung apakah ada sisa-sisa uang yang masih bisa diselamatkan. "Yang dibungkus plastik sejumlah Rp 5,4 juta dari yang bisa terhitung," sebut Putri. 

Ia pun berinisiatif lakukan penukaran ke bank. Putri pergi ke Bank Indonesia (BI) untuk menanyakan kepada petugas, apakah uang-uangnya ada yang bisa ditukar dalam bentuk utuh atau tidak.

Putri menceritakan, ketika petugas teller bank memanggil nomor antreannya, ia dengan hati-hati mengeluarkan uang berlubang itu ke meja teller. "Saya bantuin untuk memisahkan uang yang masih bisa ketolong itu menjadi selembar-selembar. Petugas bank pun memeriksa kondisi fisik uang pakai alat, dan kurang dari 67% kondisi uang itu masih bisa untuk ditukarkan dan selain itu banyak yang tidak ada lagi kelihatan nomor seri uangnya," ujar Putri.


Para netizen yang tidak mengerti dengan pengalaman yang dialami Putri, bukannya memberikan tanggapan yang baik, malahan ada yang menyindirnya dengan penggunaan emas atau juga dengan uang digital, dan juga meletakkannya di bank. Mereka sepertinya tidak menyimak tentang apa tujuan uang itu disimpan di lemari nenek.





Loading...