Thursday, 25 Apr 2024

Pelalawan Masih Menjadi Kabupaten Penyumbang Kabut Asap Terparah

news24xx


ilustrasi kabut asapilustrasi kabut asap
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kabupaten Pelalawan masih menjadi daerah penyumbang kabut asap yang paling parah. DI daerah ini, titik panas yang disinyalir kebakaran hutan dan lahan yang paling banyak terjadi di Riau. 

Dikutip dari Riau24.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat hampir seluruh wilayah Riau muncul hotspot atau titik panas sebanyak 73. Bahkan Pelalawan masih terbanyak sumbang hotspot, dengan 23 titik.

Padahal wilayah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pelalawan sempat didatangi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian beberapa waktu lalu. Petugas analisa cuaca di BMKG Stasiun Pekanbaru Sanya Gautami sebut 50 persen di Provinsi Riau sebanyak 73 titik. "Tersebar paling banyak di Pelalawan 23 titik, Indragiri Hilir 17 titik, dan Indragiri Hulu 10 titik. Kemudian Bengkalis 3 titik, Kepulauan Meranti 2 titik, Kampar 8 titik, Dumai 1 titik, Kuansing 2 titik, Rohil 2 titik, Rohul 3 titik, Siak 1 titik, dan Pekanbaru 1 titik," sebut Sanya Gautami.

Sementara hotspot Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau titik dicurigai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ada 44 titik. Tersebar di Kep.Meranti 2 titik, Kampar 4 titik, Kuansing 1 titik, Pelalawan 15 titik, Rohil 1 titik, Siak 1 titik, Inhil 12 titik, Inhu 7 titik, dan Pekanbaru 1 titik.

Sementara suhu udara maksimal bisa mencapai 33 derajat. Sementara kelembaban udara 50 – 95 persen dan angin Tenggara – Barat Daya / 10 - 30 km/jam.





Loading...