Friday, 19 Apr 2024

Kasatop Arafah-Mina-Muzdalifah Minta Masyarakat di Tanah Air Tidak Sebarkan Video Banjir di Mina

news24xx


Hujan deras di Makkah dan sekitarnya, dan juga menyebabkan banjir di Mina.Hujan deras di Makkah dan sekitarnya, dan juga menyebabkan banjir di Mina.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Agar tidak menjadi viral, Kepala Satuan Operasi (Kasatop) Arafah-Mina-Muzdalifah Jaetul Muchlis meminta masyarakat di Tanah Air berhenti menyebarkan video banjir di Mina Arab Saudi. Hal ini karena akan menimbulkan keresahan di kalangan keluarga jamaah yang sedang berhaji.

Jaetul menegaskan upaya memviralkan informasi termasuk tulisan, foto dan video tanpa penjelasan yang faktual dari pihak yang terkait langsung akan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. 

"Ini yang harus dipahami seluruh pihak termasuk lapisan masyarakat di Tanah Air, memviralkan video tanpa penjelasan yang faktual apalagi persepsi menurut seleranya sendiri bisa berbahaya," ujar Jaetul pada Rabu (14/8) dari laman egindo.com.

Dikatakannya juga hujan yang terjadi di Mina, Arab Saudi tidak berdampak parah seperti yang diberitakan. “Semuanya tidak separah yang diberitakan, saya yang di lapangan langsung dan saya yang cek dan pantau tenda-tenda jamaah Indonesia dan lingkungan sekitarnya," ucap Jaetul Muchlis.

Jaetul Muchlis dan tim petugas haji terus berpatroli dari Mina Jadid hingga tenda-tenda di sekitar Misi Haji Indonesia. Dan dikatakannya bahwa semuanya tidak ada yang luput dari pantauan dan pengecekan petugas.

Ia juga memastikan hujan yang menyebabkan genangan sesaat di beberapa titik di Mina tidak berdampak menimbulkan jatuh sakitnya jamaah Indonesia. Bahkan banyak dari mereka yang tetap melaksanakan lempar jumrah saat hujan masih melanda Mina Senin (12/8).

Terkait dengan adanya pemadaman listrik sementara, Jaetul memastikan bahwa hal itu dilakukan sebagai standar operasional prosedur dari Otoritas Arab Saudi karena instalasi listrik berada di bawah tanah. Dan pemadaman aliran listrik itu tidak berlangsung lama sejak hujan deras sampai dengan benar-benar mereda dan tanah dianggap mengering.

 





Loading...