Tuesday, 16 Apr 2024

Ini Bahaya Yang Mengancam Wanita Jika Terlalu Banyak Makan Daging Kurban

news24xx


Bahaya yang ganggu kesehatan wanita jika makan daging terlalu banyakBahaya yang ganggu kesehatan wanita jika makan daging terlalu banyak
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Untuk beberapa hari ini, daging menjadi makanan favorit, karena berkenaan dengan hari raya kurban. Daging sapi dan kambing bisa saja diolah menjadi makanan yang diinginkan, seperti rendang, sate, gulai, dan lainnya. Inilah yang menjadi makanan sehari-hari.

Mengkonsumsi protein hewani ini memang bermanfaat bagi tubuh. Selain memperbaiki sel-sel yang rusak, juga meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan fungsi otak.

Namun jika terlalu banyak menyantap daging ternyata akan berdampak buruk bagi tubuh. Terutama bagi wanita, ada banyak akibat buruk yang diterima bagi tubuh jika memakannya berlebihan. Dirangkum dari berbagai informasi, berikut ini efeknya:


1. Kulit dan rambut menjadi kusam

Terlalu banyak makan daging bisa berakibat kamu kekurangan vitamin C, jika konsumsinya tidak bersamaan dengan asupan sayur dan buah-buahan. Karena jarang ditemukan vitamin C yang terkandung pada daging hewan.

Dikutip dari Reader's Digest, orang cenderung mengabaikan nutrisi makanan lainnya ketika mereka makan banyak daging, dikarenakan perut yang sudah kenyang. Alhasil sayur dan buah yang kaya akan vitamin C jadi kurang menarik untuk dikonsumsi.

Kekurangan vitamin C bisa membuat kulit kusam serta rambut mudah rontok. Sebab vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, protein yang memberikan struktur pada kulit, rambut, kuku dan tulang. Bahkan, kilit akan menjadi kasar dan tidak rata.


2. Lebih mudah sakit

Kesehatan juga akan terganggu akibat kurangnya vitamin C. Jika kamu mendapati badan terasa demam atau flu, mungkin sudah saatnya mengubah kebiasaan makan.

Jika ingin makan banyak daging, sebaiknya seimbangkan dengan konsumsi sayur serta buah. Jeruk, anggur, jambu, stroberi dan brokoli kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh.


3. Sembelit

Daging hampir tidak punya serat yang membantu melancarkan pencernaan. Serat pada daging tentu berbeda dengan serat yang ada pada sayur, buah dan gandum.

Sembelit dan perut melilit merupakan beberapa tanda awal kamu kekurangan serat. Maka dari itu sebaiknya jangan makan terlalu banyak daging dan mulailah konsumsi buah serta sayur tinggi serat.


4. Dehidrasi

Mengonsumsi terlalu banyak daging akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak uric acid untuk memecah protein. Uric acid dikenal juga dengan sebutan asam urat. Salah satu gejala asam urat tinggi adalah rasa haus yang berkepanjangan, yang juga merupakan tanda dehidrasi.

Ginjal memerlukan lebih banyak air untuk melarutkan sisa-sisa makanan beracun. Untuk memproduksi urin, kita harus mengeluarkan banyak air dari tubuh.


5. Berat badan naik

Protein jadi salah satu nutrisi andalan untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot. Dengan catatan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Ketika dimakan secara berlebihan protein justru akan membuat berat badan naik.

Jika kamu makan protein lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh tidak menyimpannya sebagai protein tapi lemak. Itu tidak bermanfaat kecuali kamu menambah kebutuhan akan protein dengan lebih banyak olahraga.


6. Batu ginjal

Protein hewani mengandung banyak purine yang bisa berubah menjadi uric acid atau asam urat. Kadar uric acid yang terlalu tinggi bisa menurunkan fingsi ginjal, bahkan juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal

Umumnya tubuh bisa dengan mudah mencerna protein. Tapi perlu perlu lebih waspada bagi mereka yang keluarganya punya masalah penyakit ginjal, karena bisa menurun pada anak atau cucu. 


7. Menurunkan kualitas penglihatan

Konsumsi tinggi daging merah meningkatkan risiko penurunan kualitas penglihatan seiring bertambahnya usia. Efeknya bisa bertambah parah jika kamu sering menyantap daging olahan pabrik.

Lemak jenuh pada daging bisa berbahaya karena mengganggu pembuluh darah kecil di mata. Beberapa senyawa kimia seperti nitrosamine yang terdapat dalam daging olahan juga disinyalir jadi penyebab mata rabun.


8. Tulang rapuh

Asupan protein yang terlalu tinggi dari daging akan membuat tubuh kehilangan banyak kalsium yang dikeluarkan lewat urin. Akibatnya tulang rentang menjadi rapuh.

Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi kalsium yang cukup, tapi justru tidak banyak disadari oleh orang-orang dengan diet tinggi protein.

 





Loading...