Tuesday, 20 Aug 2019

Warga Sumbar Diminta Bagikan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

news24xx


Pembagian daging kurban menggunakan besekPembagian daging kurban menggunakan besek

NEWS24.CO.ID -Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta warganya terutama yang menjadi penyelenggara kurban untuk tidak membagikan daging kurban dengan kantong plastik. Ia tidak ingin pada momen Hari Raya Idul Adha 1440 H ini, terjadi lonjakan volume sampah plastik yang dinilai akan mencemari lingkungan.

"Saya imbau masyarakat, terutama penyelenggara pelaksanaan kurban agar menggunakan pembungkus daging kurban yang ramah lingkungan atau yang mudah terurai oleh tanah," kata Irwan di Padang, Jumat (9/8), dari laman langgam.id

Irwan juga menyebut ada banyak alternatif yang dapat disediakan masyarakat untuk mengganti fungsi kantong plastik, seperti besek kelapa, besek bambu, besek daun pandan, daun jati, daun pisang, dan lain-lain. Pembungkus daging kurban tersebut bisa cepat terurai ketika sudah dibuang.

Diakui Irwan telah menyebarkan surat edaran kepada semua bupati dan walikota di Sumbar. Mereka akan meneruskan imbauan ini kepada warga masing-masing.

Irwan menyebut semua pemerintah daerah dan harus menggalakkan Idul Adha tanpa kantong plastik.

Irwan mengatakan selama ini dari hari ke hari volume sampah terutama sampah plastik terus membludak di Sumbar. Hal tersebut membuat lingkungan tercemar. Terlebih sampah plastik yang bermuara ke laut yang mengancam keberadaan biota laut. 

"Bupati atau Walikota harus membuat surat ederan ke seluruh camat, lurah, perangkat nagari serta instansi terkait untuk melaksanakan kampanye dan edukasi penggunaan kemasan ramah lingkungan kepada pengurus masjid/mushalla dan masyarakat serta penyelenggara pelaksana kurban," ujar Irwan.