Wednesday, 24 Apr 2024

Ini Batas Maksimal Simpan Daging Kurban Dalam Lemari Es dan Cara Penyimpanannya

news24xx


Cara simpan daging kurban dalam lemari esCara simpan daging kurban dalam lemari es
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Jika Anda ingin menyimpan makanan mentah seperti daging sapi atau kambing agar bertahan lama, lemari es memang pilihan yang tepat.

Lemari es diketahui bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Itu asalkan Anda menyimpannya dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celcius atau lebih dingin.

Meski begitu, perlu diingat bahwa suhu dingin ini hanya memperlambat pertumbuhan bakteri, bukan mematikan dan mengawetkan daging lebih lama.

Melansir dari Food Safety, Anda bisa menyimpan daging mentah seperti sapi dan kambing di dalam lemari es maksimal selama 3 hingga 5 hari. Setelah batas waktu itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya.

Lain lagi yang disebutkan dari Healthline, Anda juga bisa menyimpan daging sapi dan kambing mentah lebih lama lagi, asalkan menyimpannya dengan cara dibekukan di dalam freezer.

Tetapi menurut FDA, Anda bisa menyimpan beberapa potong daging mentah yang sudah dibekukan di dalam freezer selama 4 hingga 12 bulan. Begitu pula dengan daging sapi giling yang dibekukan, Anda bisa menyimpannya hingga 3 bulan.

Meskipun begitu, FDA menyarankan agar Anda menyimpan daging mentah maksimal 2 hingga 3 minggu saja. Hal itu supaya kualitas daging yang Anda konsumsi pun masih terjaga dan tidak membahayakan bagi tubuh.

Berikut ini tambahan tips agar Daging Sapi aman disimpan dalam lemari es
- Jika tidak langsung dimasak, daging bisa disimpan langsung ke lemari es di bagian yang paling dingin minimal 4 derajat celcius.
- Letakkan daging mentah atau segar dalam satu lapisan dan jangan ditumpuk
- Bekukan daging dalam potongan kecil, usahakan jangan yang utuh.
- Daging tidak direkomendasikan untuk dicuci lebih dulu apabila tidak langsung diolah, bagian yang kotor bisa dipotong saja dan dipisahkan.





Loading...