Thursday, 18 Apr 2024

Ini Efeknya pada Kulit Akibat Polusi Udara yang Buruk, Dan Cara Mengatasinya

news24xx


Paparan kabut asap (Istimewa)Paparan kabut asap (Istimewa)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Kualitas udara sebagian kota di Indonesia bagian barat telah lebih sepekan ini pada tingkat udara yang tidak sehat dan buruk. Dan ini berdasarkan pantauan AirVisual. Kondisi udara dengan kabut asap tipis tentunya tak hanya berdampak pada kesehatan di sistem pernapasan, tetapi juga kulit Anda.

Pada siang hari, bagian kulit kita juga sering terpapar oleh udara langsung dan sinar matahari. Ini tentunya sangat berdampak buruk pada kesehatan kulit Anda.

Seorang ahli klinis dermatologi di University Langone Medical Center, New York, Prof.Doris Day  MD yang dikutip dari Self pada Senin (5/8/2019) mengatakan polusi udara dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Ia mengatakan polusi juga dapat memecah kolagen dan lapisan lipid di kulit, yang merusak fungsi penghalang kulit. Inilah yang akhirnya memicu tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti bintik-bintik hitam serta kerutan. 

Untuk mencegah dan sekaligus perawatan pada kulit saat terpapar polusi udara tersebut, ia juga menyarankan beberapa hal, yakni:


1. Bersihkan
Jika Anda terpapar udara di luar, terkena make-up, polusi dan radikal bebas, langkah terpenting adalah tahap membersihkan. Langkah ini sangat penting untuk membersihkan sisa-sisa debu, polutan atau riasan di wajah Anda yang memicu masalah-masalah kulit seperti jerawat. 

Bersihkanlah wajah Anda di pagi hari dan malam hari setelah beraktivitas seharian. Jika Anda mengenakan make-up, disarankan untuk menggunakan make-up remover atau double cleansing menggunakan pembersih wajah berbasis minyak dan air.

2. Netralkan
Ketika polusi masuk ke kulit Anda, itu menciptakan radikal bebas yang dapat merusak kulit seperti meningkatkan peradangan, hiperpigmentasi, dan garis-garis kerutan. Radikal bebas dapat memperburuk kondisi kulit yang berjerawat atau rosacea. 

Untuk itu, selain membersihkan kulit, langkah selanjutnya adalah menetralkan kulit Anda menggunakan produk-produk perawatan kulit yang dapat menutrisi kulit, terutama yang mengandung antioksidan. Misalnya toner, essence atau moisturizer yang mengandung greentea, vitamin E dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan-makanan kaya antioksidan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah kaya antioksidan.

3. Lindungi
Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah selalu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari dan polusi menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 setiap pagi untuk melindungi diri Anda dari sengatan matahari.

#polusiudara

 





Loading...