Tuesday, 20 Aug 2019

Seperti Amerika, Fahri Hamzah Usulkan Pulau Reklamasi Jadi Ibu Kota Negara

news24xx


Reklamasi JakartaReklamasi Jakarta

NEWS24.CO.ID -  Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengusulkan, pulau reklamasi di teluk Jakarta disulap menjadi ibu kota negara republik Indonesia. Selain, sesuai dengan konsep negara maritim, luas pulau buatan itu sebanding dengan ibu kota Amerika Serikat, Washington DC.

"Saya tantang waktu itu untuk pindahkan ibu kota ke pesisir, makanya saya hitung-hitung itu kan reklamasi itu tidak selesai-selesai, ambil alih saja sama Pak Jokowi ngapain juga mikir jauh-jauh ke Kalimantan," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (31/7/2019). 

Fahri menyebutkan, hal ini penting dilakukan oleh Jokowi sebagaimana visi dan misinya dahulu yang berniat menjadikan Indonesia sebagai poros maritim.  "Sebab kalo Kalimatan itu perspektif kita tentang negara Maritim itu jadi keliru. Harusnya (ibu kota) itu di buat di kepulauan," ujar dia.  

Sedangkan pulau reklamasi di Teluk Jakarta sebanding dengan Washington DC."Yah sudah pindahin ibu kota itu ke pulau reklamasi. Saya sudah hitung luas pulau reklamasi itu dengan Washington DC itu persis sama," kata Fahri.  

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melemparkan wacana perpindahan ibu kota negara usai pelaksanaan pemilihan Umum 2019. Sekarang wacana itu dimantangkan dengan pulau kalimatan sebagai lokasi perpindahan.

Bahkan dalam acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jawa-Bali 2020-2024 di Hotel Shangri-La,Surabaya, Senin, (29/7/2019) menyebutkan, rencana itu positif dilaksanakan. Namun untuk provinsinya masih dirahasiakan.

Ada dua lokasi yang menjadi kandidat kuat ibukota baru, yaitu di kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Mengenai wacana ini, Fahri juga meminta pemerintah untuk menyiapkan landasan hukum pemindahan ibu kota. (Bisma Rizal)