Wednesday, 23 Oct 2019

Ini Klub Bola Paling Mahal Versi Majalah Forbes

news24xx


IlustrasiIlustrasi

NEWS24.CO.IDForbes Magazine baru saja merilis riset tahunan klub sepak bola paling berharga di dunia alias most valuable football clubs. Pada daftar tersebut, Real Madrid dan Barcelona tetap jadi dua klub paling besar di dunia.

Penilaian ini menggunakan algoritma khusus yang mempertimbangkan pendapatan klub, aset, besar gaji, dan beberapa aspek lainnya. Di puncak, Madrid mendapatkan nilai 4,2 miliar USD.

Barcelona di peringkat kedua dengan 4 miliar USD, dan Manchester United - meski hanya finis di peringkat keenam Premier League musim lalu - di peringkat ketiga dengan 3,8 miliar USD. Daftar 10 besar didominasi oleh klub-klub Premier League, bahkan The Big Six masih begitu dominan.

Tetangga MU, Manchester City berada di peringkat kelima, Chelsea keenam, Arsenal ketujuh, Liverpool kedelapan, Tottenham kesembilan. Etnam tim top Premier League mendapatkan status klub paling berharga.

Bayern Munchen di peringkat keempat, dan Juventus di peringkat kesepuluh memenuhi daftar top 10 klub paling berharga tersebut. Data-data ini diambil dari laporan tahunan klub, Deloitte’s Football Money League reports, dan Swiss Ramble website.

Hasil akhir tak mengejutkan. Klub-klub kaya jadi semakin kaya. Pendapatan mereka begitu tinggi umumnya karena bermain di panggung Eropa. 





Loading...