Monday, 20 May 2024

Presiden Godok Nama Calon Pansel Capim KPK Diumumkan Bulan Ini

news24xx


Presiden Godok Nama Calon Pansel Capim KPK  Diumumkan Bulan IniPresiden Godok Nama Calon Pansel Capim KPK Diumumkan Bulan Ini
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Masa jabatan Nawawi Pomolango cs di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal berakhir pada Desember tahun ini.

Sesuai ketentuan, presiden akan membentuk panitia seleksi untuk menyaring calon pimpinan KPK periode berikutnya.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengungkapkan, saat ini Presiden Jokowi tengah menggodok nama-nama calon anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK.

Baca juga : Gerindra DKI Siapkan 4 Nama Calon Kandidat Di Pilgub Jakarta

Ari memastikan, Kepala Negara memperhatikan harapan masyarakat untuk mendapatkan anggota Pansel Capim Dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang kredibel dan berintegritas.

“Nama-nama calon anggota Pansel Capim dan Dewas KPK masih terus digodok dengan memperhatikan harapan-harapan masyarakat untuk mendapatkan anggota pansel yang kredibel dan berintegritas,” ujar Ari saat dihubungi wartawan, Kamis (9/5/2024).

Dia mengungkapkan, keanggotaan pansel tersebut akan berjumlah sembilan orang.

Baca juga : Sepedaan, Presiden Jokowi Dan Mentan Amran Kompak Di Lombok

Jumlah itu terdiri dari lima orang dari unsur pemerintah dan empat orang dari unsur masyarakat yang akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden.

“Nama-nama anggota Pansel KPK akan diumumkan bulan ini,” ungkap Ari.

Masa jabatan pimpinan KPK akan habis pada akhir tahun ini. Seharusnya, pimpinan KPK hanya menjabat selama 4 tahun dan berakhir pada akhir tahun kemarin 2023.

Baca juga : Presiden Jokowi Minta Presiden dan Wapres Terpilih Persiapkan Diri

Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron untuk memperpanjang masa jabatan hingga 5 tahun dan akan berakhir tahun ini.

Pansel sendiri bertugas untuk menyaring para Capim KPK dan Dewas KPK.

Presiden kemudian akan menyerahkan hasil seleksi pansel ke DPR RI yang akan melakukan tes uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...