Sunday, 19 May 2024

Dukung Program 3 Juta Rumah REI Siapkan Roadmap Sektor Perumahan

news24xx


Dukung Program 3 Juta Rumah  REI Siapkan Roadmap Sektor PerumahanDukung Program 3 Juta Rumah REI Siapkan Roadmap Sektor Perumahan
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) berkomitmen terus mengambil peran dalam perjuangan permasalahan di sektor perumahan dan mendorong kemajuan sektor perumahan di Tanah Air.

Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto mengatakan permasalahan di sektor perumahan sudah disampaikan REI berulang kali baik melalui berbagai forum.

Isu tersebut mendapat tanggapan terutama dari presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diimplementasikan lewat Program Pembangunan 3 Juta Rumah per tahun.

“Tidak sampai disitu, REI juga saat ini tengah menunggu jadwal untuk bertemu presiden dan wakil presiden terpilih untuk menyampaikan peta jalan (roadmap) sektor perumahan dan propertinomic yang sudah kami siapkan,” ungkap pengusaha properti yang juga merupakan bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Senin (6/5/2024).

Baca juga : Dukung Program Prabowo-Gibran, REI Siap Bangun 1 Juta Rumah Pada 2025

Joko menambahkan, sebagai Ketua Umum REI dan TKN Prabowo-Gibran dirinya sudah melakukan banyak hal untuk mendorong sektor perumahan diurus secara tepat yang berlandaskan empat pilar yakni penguatan institusi atau kelembagaan yang mengurusi perumahan, fokus pada kebijakan dan keberpihakan, mengoptimalkan anggaran perumahan, serta mendorong sektor perumahan menjadi program strategis nasional (PSN).

Selain itu, REI juga terus mengajak banyak pihak untuk berdialog maupun membuka ruang-ruang diskursus terkait sektor perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan mendorong pentingnya sektor properti menjadi garda terdepan bagi pencapaian net zero emission melalui program penanaman 1 juta pohon di seluruh proyek perumahan anggota REI.

Joko yang juga CEO Buana Kassiti Group menambahkan, roadmap yang disiapkan secara spesifik akan menjelaskan bagaimana sektor perumahan ini harus ditanggani baik skema pembiayaan maupun pola kemitraan yang dapat dikembangkan.

Ia menambahkan sejak awal juga menjadi salah satu inisiator yang mendorong dibentuknya Kementerian Perumahan dan Perkotaan pada kabinet mendatang.

Baca juga : Dukung Properti Hijau, Implementasi ESG Sektor Perumahan & Pembiayaan Terus Digenjot

Saat ini, REI sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan penelitian mengenai seberapa besar sebenarnya kontribusi sektor properti terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Joko, sektor perumahan yang merupakan bagian dari sektor properti bersifat padat karya sehingga terbukti efektif menjadi backbone perekonomian yang menggerakkan lebih dari 180 industri ikutan lainnya.

“Sektor properti ini bisa berlari kencang, maka banyak industri lainnya yang ikutan bergerak dari produk bahan bangunan, material konstruksi, perabot dan kerajinan hingga pedagang makanan di sekitar lokasi pembangunan properti,” jelasnya.

REI berulang kali sudah menyatakan kesiapan dan dukungan terhadap Program Pembangunan 3 Juta Rumah per tahun.

Baca juga : Sikapi Putusan MK, Partai Perindo Ucapkan Selamat Ke Prabowo-Gibran

Program ini dinilai realistis dan inline dengan usaha untuk menuntaskan angka kekurangan (backlog) perumahan yang terus membengkak.

Menurut Joko, jika konsisten dijalankan, maka pada 2029 jumlah backlog perumahan akan berkurang dan terkelola baik.

Dia menegaskan, pengentasan backlog rumah nasional harus ditanggani secara sangat luar biasa dan luar biasa (extra-ordinary) termasuk dengan memasang target pasokan yang besar untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...