Saturday, 18 May 2024

Sekjen ASEAN Puji Langkah Indonesia Dalam Proses Aksesi Keanggotaan Di OECD

news24xx


Sekjen ASEAN Puji Langkah Indonesia Dalam Proses Aksesi Keanggotaan Di OECDSekjen ASEAN Puji Langkah Indonesia Dalam Proses Aksesi Keanggotaan Di OECD
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn memuji kesuksesan Indonesia dalam proses aksesi di Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Ia mengaku senang, peta jalan aksesi keanggotaan Indonesia diterima di OECD.

Ungkapan kegembiraan itu disampaikan Sekjen Kao dalam pertemuannya dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di sela-sela acara Pertemuan Tingkat Menteri OECD pada Kamis (2/05) di Paris, Prancis.

“Kesuksesan ini juga dirasakan oleh seluruh anggota ASEAN. Kami berharap negara-negara ASEAN lain juga mengikuti langkah Indonesia, sehingga dapat meningkatkan keterwakilan kepentingan negara-negara ASEAN di OECD,” kata Sekjen Kao. 

Baca juga : Jepang Ingin Indonesia Jadi Poros Kolaborasi Negara OECD Dan ASEAN

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kao bersama Menko Airlangga membahas beberapa isu penting, antara lain terkait perkembangan proses aksesi Indonesia ke OECD, penjajakan ASEAN-GCC FTA, dan perkembangan ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA).

Menko Airlangga menanggapi positif harapan Sekjen Kao terkait dukungan Indonesia dalam penjajakan perundingan perdagangan bebas antar kawasan ASEAN-GCC FTA. Perjanjian ini, sebut Sekjen ASEAN diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan manfaat bagi kedua kawasan.

“Indonesia-UAE CEPA dapat menjadi benchmarking bagi ASEAN dalam mewujudkan FTA antar kawasan tersebut,” ujar Menko Airlangga.

Baca juga : Stealien Ekspansi Pasar Di Indonesia Lewat Suplai Appsuit Ke ADIRA

Diskusi juga turut menyinggung mengenai perkembangan inisiatif digitalisasi kawasan, di mana saat ini ASEAN tengah menegosiasikan Digital Economy Framework Agreement (DEFA) yang diproyeksikan akan meningkatkan nilai ekonomi digital kawasan menjadi USD 2 triliun pada tahun 2030. 

Peluncuran perundingan ASEAN DEFA di 2023 merupakan salah satu prioritas ekonomi yang didorong Indonesia saat Keketuaan ASEAN tahun lalu dan ditargetkan selesai secara pada tahun 2025.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga turut mendorong peningkatan kolaborasi antara ASEAN dan OECD Southeast Asia Regional Programme (SEARP), terutama untuk menjadi platform saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam isu regulasi dan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Baca juga : Indonesia Tegaskan Pentingnya Aksi Berbasis Solusi Bagi Ekonomi Keberlanjutan

Turut hadir mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Wakil Menteri Perdagangan, Duta Besar RI di Paris, Deputi Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Duta Besar Indonesia untuk Prancis, dan Asdep Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub-Regional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...