Sunday, 22 Sep 2019

Aturan IMEI Pada Ponsel Akan Diberlakukan, Hati-hati Kelola Data Pribadi

news24xx


Ilustrasi data IMEI pada ponselIlustrasi data IMEI pada ponsel

NEWS24.CO.ID -Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan segera memberlakukan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada Agustus mendatang. Adapun tujuan ini dilakukan adalah untuk menjegal peredaran dan perdagangan ponsel ilegal yang masuk dari luar negeri.

IMEI ini berguna untuk melacak lokasi ponsel cerdaspoker meskipun ponsel sedang dalam keadaan mati ataupun berganti kartu SIM. IMEI juga dapat memberikan informasi data pribadi dan ini sangat berisiko jika IMEI jatuh ke tangan orang yang salah. Akan adanya pelanggaran privasi.

Pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menjelaskan IMEI yang ada pada ponsel akan memberikan identitas HP kita. Dan riwayat telepon juga bisa terlacak via IMEI.

Dari laman CNN Indonesia, Selasa (2/7), Alfons mengatakan selain riwayat telepon, ancaman pelanggaran privasi lainnya yakni manakala pembicaraan yang dilakukan oleh pengguna ponsel juga bisa dilacak melalui IMEI ini. Namun, hal ini hanya dikatakan sebagai pelanggaran jika dilakukan oleh pihak tidak berwenang. Sebaliknya, jika penyadapan dilakukan oleh pihak berwajib hal itu justru dilindungi oleh UU. 

"Namanya pemerintah atau pihak berwenang ya memang harus punya hak itu. Kalau tidak nanti pelanggar hukum akan berlindung di balik tameng privasi," tutur Alfons.

"Pemerintah harus bijak dan menggunakan ini dengan baik. Akses terhadap data ini juga harus dijaga dengan baik dan tidak sembarangan diberikan kepada pihak ketiga," jelasnya. 

 





Loading...