Wednesday, 23 Oct 2019

Tanah Longsor Putus Akses ke Kota-kota dan Tambang Nikel di Sulawesi utara

news24xx


Tanah Longsor Tanah Longsor

NEWS24.CO.ID - Tanah longsor besar-besaran telah memotong jalan utama yang menghubungkan Palu, Gorontalo dan Manado di bagian utara Sulawesi ketika ribuan pelancong Idul Fitri pulang. Tanah longsor juga mengganggu transportasi ke lokasi penambangan nikel di Morowali, Sulawesi Tengah.

Curah hujan konstan yang dimulai sebelum Idul Fitri mempengaruhi setidaknya empat titik jalan tol trans-Sulawesi, yaitu Tawaeli-Toboli, Parigi-Moutong, Luwuk-Baturube dan Bungku, di perbatasan Sulawesi Tengah dan Tenggara, dengan yang terakhir kehilangan akses ke jembatan Dampala karena banjir besar.

Jembatan Dampala adalah penghubung penting ke Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), salah satu situs penambangan nikel terbesar di negara ini. Sementara itu, jembatan darurat didirikan di lokasi.

Tanah longsor di Palasa, Sulawesi Tengah, adalah hasil dari curah hujan minggu lalu - pola cuaca yang aneh di Indonesia di mana Juni seharusnya menjadi puncak musim kemarau.

Akses jalan telah ditutup selama tiga minggu terakhir.

"Sampai sekarang, belum ada transportasi darat dari kabupaten Bahodopi [tempat lokasi penambangan] ke Bungku dan kota-kota lain di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, serta Cara Membuat ID Pro Poker PKV Games Kendari," kata Amran, seorang warga Bahodopi, seperti dikutip oleh kantor berita Antara .

Sementara itu, pihak berwenang mengantisipasi masalah akses lebih lanjut dengan menempatkan peralatan di dekat lokasi tanah longsor.

Sementara itu, pos-pos evakuasi sementara telah didirikan di Sulawesi utara karena penduduk telah kehilangan rumah mereka karena banjir besar. Lebih banyak bantuan datang dalam bentuk pasokan makanan pokok, dapur umum, bantuan medis dan sukarelawan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED





Loading...