Tuesday, 20 Aug 2019

Wisatawan Diperingatkan Untuk Tetap Waspada Selama Berada di Pantai Selatan Yogyakarta

news24xx


Pantai Selatan YogyakartaPantai Selatan Yogyakarta

NEWS24.CO.ID - Wisatawan yang menghabiskan liburan di dekat pantai selatan Yogyakarta dudesak untuk tetap waspada karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah itu memperkirakan gelombang pasang tinggi hingga 5 meter beberapa hari ke depan

Kepala Stasiun Klimatologi Reni Kraningtyas menjelaskan gelombang tinggi akan terjadi di pantai selatan wilayah itu pada 10-16 Juni pada ketinggian sekitar 2,5-5 meter.

"Ada perbedaan yang signifikan dalam tekanan udara di wilayah utara dan selatan yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin yang mengarah ke gelombang tinggi di pantai selatan Yogyakarta," kata Reni dalam sebuah pernyataan, Senin, 10 Juni.

Data BMKG mencatat gelombang tinggi pada hari Senin mencapai 2,5 hingga 3 meter dan angkanya akan meningkat menjadi 3,5-5 meter pada hari Selasa hingga Kamis, sedangkan pada hari Jumat, tingginya diperkirakan sekitar 3,5-4 meter, dan itu akan turun menjadi 2,5- 3,5 meter pada hari Sabtu dan Minggu.

Dengan demikian, Reni menampakkan diri kepada wisatawan untuk tidak mandi di pantai dan para nelayan disarankan untuk menunda berlayar.

Komandan SAR Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Ali Sutanto, mengatakan gelombang pasang tinggi di pantai selatan relatif normal dan kegiatan nelayan di Pantai Depok dan Pantai Parangkusumo berjalan seperti biasa.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED