Tuesday, 20 Aug 2019

AHY Hadiri Acara Open House Megawati, Hubungan Membaik

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet

NEWS24.CO.ID - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, menegaskan bahwa langkah yang dilakukan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyno (Ibas) menghadiri acara Open House Ketua dari Perjuangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Putri Soekarno adalah keputusan yang berani. Kedua putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi Megawati setelah menghadiri acara open house Presiden Joko Widodo di Istana Presiden.

Adi mengatakan bahwa langkah itu menandai babak baru dalam hubungan antara Susilo Bambang yudhoyono dan Megawati.

"Kehadiran AHY dan Ibas di open house Presiden Jokowi dan Megawati menandai babak baru hubungan antara keluarga SBY dan pemerintah," kata Adi saat dihubungi Tempo pada Kamis, 6 Juni 2019.

Adi mengatakan bahwa situasi yang berkembang baik untuk memperbaiki kondisi politik dan keamanan, yang sebelumnya tegang setelah pengumuman hasil Pemilihan Presiden 2019. Selain itu, Partai Demokrat adalah bagian dari Koalisi Makmur Indonesia, yang bertindak sebagai kekuatan lawan dari calon petahana.

"Setidaknya partai Demokrat, yang merupakan bagian dari [oposisi] menerima semua proses dan hasil," kata Adi.

Sebelumnya, SBY dan Megawati dikenal karena berdiri di sisi yang berlawanan. Sejak dia pemilu 2004 dan 2009, SBY selalu harus menghadapi Megawati sebagai lawannya. Selama Pemilihan Presiden 2014, Partai Demokrat memutuskan untuk tetap netral. Saat itu, PDIP adalah pendukung utama atau Joko Widodo, yang kemudian memenangkan pemilihan.

Adi mengatakan bahwa peningkatan dalam hubungan antara kedua keluarga politik dimulai ketika istri SBY, Ani Yudhoyno, menderita kanker darah pada Februari 2019. Presiden Joko Widodo dan putranya, Kaesang Pangarep, datang ke Singapura untuk mengunjungi Ani.

Terlepas dari meninggalnya Ani Yuhdoyono baru-baru ini, hubungan antara keluarga terus membaik. Ini ditandai dengan kehadiran Megawati saat pemakaman Ani Yudhoyono di Kalibata, Jakarta Selatan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED