Wednesday, 24 Apr 2024

KPU Umumkan Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

news24xx


Jokowi Jokowi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah mengumumkan hasil untuk pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan dewan perwakilan daerah. KPU menyatakan bahwa penghitungan akhir menunjukkan Joko Widodo (Jokowi) dan pasangannya Ma'ruf Amin menang dengan 55,50 persen suara

"KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara secara nasional, disaksikan oleh perwakilan kedua kandidat dan diawasi oleh Bawaslu," kata komisioner KPU Evi Novida Ginting di Jakarta, Selasa, 21 Mei.

Jokowi-Ma'ruf mendapat lebih dari 85,6 juta suara atau 55,50 persen, sementara Prabowo Subianto dan pasangannya mendapat lebih dari 68,6 juta suara atau 44,50 persen. Jumlah total suara yang valid adalah 154.257.601 juta.

Semalam, ketua KPU Arief Budiman mengatakan bahwa pagi ini KPU akan menentukan dan mengumumkan penghitungan untuk pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan dewan perwakilan daerah.

Arief mengatakan bahwa setelah pengumuman KPU, mereka akan memberikan waktu dan kesempatan bagi pihak yang tidak setuju untuk mengajukan sengketa pemilihan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut aturan yang ada, kata Arief, KPU akan memberikan waktu tiga hari untuk pengajuan.

Jika tidak ada perselisihan yang diajukan, paling lambat 27 Mei, KPU akan secara resmi membuat deklarasi. Ketika ditanya apakah pengumuman itu dibuat untuk menghindari demonstrasi yang dijadwalkan berlangsung besok, 22 Mei, Arief mengatakan tidak.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED





Loading...