Friday, 19 Apr 2019

Mantan Ibu Negara Malaysia Menghadapi Tuduhan Korupsi Baru

news24xx


Rosmah RazakRosmah Razak

NEWS24.CO.ID - Istri mantan pemimpin Malaysia pada Rabu dihantam dengan tuduhan korupsi baru, yang ke-20 sejak suaminya kalah dalam pemilihan umum yang mengejutkan, dan mengeluh bahwa dia adalah korban "fitnah". Rosmah Mansor - banyak dicerca di Malaysia karena kegemarannya untuk belanja mewah di luar negeri - dituduh menerima suap lima juta ringgit ($ 1,2 juta) sehubungan dengan proyek pembangkit listrik tenaga surya pemerintah.

Dia telah dipukul dengan rentetan pencucian uang dan tuduhan penggelapan pajak terkait dengan penjarahan dana kekayaan berdaulat 1MDB.

Tuduhan bahwa dia, suaminya Najib Razak, dan kroni-kroninya mencuri miliaran dolar dari dana tersebut dan melanjutkan belanja global memainkan peran utama dalam hilangnya pemilihan koalisi Najib tahun lalu.

Muncul di pengadilan Kuala Lumpur, Rosmah membantah tuduhan terbaru terhadapnya - bahwa ia menerima suap untuk membantu perusahaan mengamankan proyek yang menyediakan generator tenaga surya ke sekolah-sekolah.

Setelah itu, Rosmah mengatakan kepada wartawan bahwa orang-orang mulai meminta maaf padanya dan Najib karena percaya "semua fitnah" terhadap mereka.

"Orang-orang memilih untuk mendengarkan semua kebohongan, semua kisah tidak benar yang telah diceritakan," katanya. "Aku akan tetap sabar dan menghadapi semua cobaan dan kesengsaraan yang telah Allah lalui."

Pria berusia 67 tahun itu telah dikenai dengan dua tuduhan atas kasus tenaga surya pada bulan November, ketika dia dituduh menerima suap senilai 189 juta ringgit. Tuduhan lain yang dia hadapi terkait dengan penjarahan 1MDB.

Dia membantah melakukan kesalahan.

Sejak kalah dalam pemilihannya, Najib juga telah ditangkap dan dipukul dengan banyak tuduhan terkait dengan skandal 1MDB. Dia diadili untuk pertama kalinya atas penipuan bernilai miliaran dolar minggu lalu. Dia menyangkal kesalahan.

Gaya hidup mewah Najib dan Rosmah datang untuk melambangkan kebusukan elit penguasa Malaysia.

Setelah pemilihan, polisi menemukan barang-barang berharga, termasuk uang tunai, perhiasan, dan tas mewah, bernilai hingga $ 273 juta properti yang terhubung dengan pasangan itu.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV