Monday, 25 Mar 2019

Hati-Hati, Besok Bumi Akan Menghadapi Badai Matahari

news24xx


Badai Matahari Badai Matahari

NEWS24.CO.ID -  Layanan cuaca nasional untuk Britania Raya, Met Office, mengeluarkan peringatan bahwa badai matahari yang kuat akan menuju bumi pada hari Jumat, 15 Maret. Seperti dilaporkan oleh express pada hari Rabu, badai akan mengganggu sistem GPS, sinyal telepon, dan digital TELEVISI.

Badai matahari disebabkan oleh lubang berbentuk ngarai di atmosfer matahari, yang dikenal sebagai lubang koronal yang memuntahkan sinar kosmik.

Berdasarkan Cuaca Luar Angkasa, lubang berbentuk ngarai menghadap bumi dan melepaskan aliran angin matahari ke arah kita. Namun, badai geomagnetik dianggap 'minor G1' yang tidak akan berbahaya. Secara umum, medan magnet bumi melindungi manusia dari radiasi, namun hal itu dapat memengaruhi teknologi berbasis satelit mengingat angin matahari dapat memanaskan atmosfer luar bumi, menyebabkannya mengembang.

Badai ini berpotensi menyebabkan kurangnya navigasi GPS, sinyal ponsel, dan layanan TV satelit. Selain itu, awan besar partikel bermuatan dapat menyebabkan listrik yang lebih tinggi dari normal di saluran listrik yang menghasilkan trafo listrik dan ledakan pembangkit listrik dan hilangnya daya.

Sementara itu, para ahli mengatakan bahwa manusia akan rentan terhadap kanker kulit karena semakin tinggi jumlah radiasi yang disebabkan oleh badai matahari.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV