Saturday, 20 Apr 2024

Debat Pemilu : IDI Minta Calon Memberikan Solusi Pengerdilan

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih menuntut para kandidat dalam debat pemilihan presiden yang akan datang memberikan solusi konkret untuk masalah kesehatan masyarakat.

Daeng berpendapat bahwa strategi yang paling penting untuk menangani pengerdilan adalah dengan melakukan program promosi kesehatan dan pencegahan stunting daripada pengobatan. Dengan demikian, sektor lain diperlukan untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Di masa depan, pemerintah akan memiliki banyak tugas di sektor kesehatan, seperti tingginya persentase kematian ibu, tingginya prevalensi pengerdilan yaitu 30,8 persen, penyakit menular dan penyakit tidak menular, antara lain, tambah Daeng.

Karena itu, ia menuntut calon wakil presiden mampu memberikan solusi terhadap masalah dari sektor hulu. Menurut dia, ketersediaan makanan dengan harga terjangkau dan kesempatan kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dapat berkontribusi untuk mengurangi kasus stunting.

Seorang ahli kebijakan publik Agus Pambagio sebelumnya menjelaskan bahwa tidak ada strategi khusus dalam mengatasi stunting sejauh ini. Pemerintah, dia menilai, baru saja peduli pada penanganan kekurangan gizi, sementara upaya untuk mencegah pengerdilan anak tidak dilakukan dengan benar dan sistemik.

Debat pemilihan presiden ketiga, di mana wakil kandidat presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan ambil bagian, dijadwalkan akan diadakan di Hotel Sultan, Jakarta pada hari Minggu, 17 Maret 2019.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...