Saturday, 25 May 2019

Anto Hoed Berbicara Tentang Pembatasan Jama Tayang 17 Lagu Asing

news24xx


Anto HoedAnto Hoed

NEWS24.CO.ID - Anto Hoed, komite musik Dewan Kesenian Jakarta, mengatakan bahwa surat edaran yang dikeluarkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Jawa Barat (KPID Jawa Barat) tentang pembatasan tayang 17 lagu berbahasa Inggris akan menimbulkan polemik publik.

Masalahnya, Anto dianggap, mirip dengan kontroversi RUU Permusikan musik. Menurut dia, banyak partai di legislatif belum menyelesaikan pekerjaan rumah mereka tentang meninjau aturan tetapi telah mengumumkannya kepada publik sebelumnya.

"[Ketika] publik membacanya, itu menimbulkan kekacauan," kata suami dari musisi terkenal Melly Goeslaw, menambahkan bahwa RUU itu harus sering ditinjau.

RUU musik, katanya, akan menciptakan perlawanan, dan panas akan muncul dari berbagai komunitas, termasuk kelompok indie. Hal yang sama berlaku untuk pembatasan airtime dari 17 lagu asing di Jawa Barat.

Indonesia, kata Anto, harus belajar melihat hal-hal baik dan buruk. Jika pemerintah memiliki terlalu banyak intervensi kepada publik, negara itu akan mirip dengan negara diktator. "Padahal, kita berada di era demokrasi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengawas siaran Jawa Barat mengeluarkan surat edaran yang menyatakan pembatasan 17 lagu asing yang dianggap berisi materi dewasa dan ofensif.

Judul-judul lagu termasuk Dusk Til Dawn (Zayn Malik), Sangria Wine (Camila Cabello ft Pharrell W), Mr. Brightside (The Killers), Bola Jalan  Love Me Harder (Ariana Grande), Shape of You (Ed Sheeran), Overdosis ( Chris Brown feat Agnez Mo), Your Song (Rita Ora), dan Versace on the Floor (Bruno Mars).

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Related News