Thursday, 25 Apr 2024

Indonesia Melihat Harapan Baru Dalam Olahraga Panjat Tebing di Olimpiade Paris 2024

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Panjat olahraga Indonesia sedang melihat kemungkinan masa depan yang cerah di Olimpiade karena olahraga ini sedang menuju ke Olimpiade Musim Panas 2024, yang akan diadakan di Paris. Olahraga ini akan memiliki debut Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Tokyo 2020, yang hanya akan memperebutkan kategori gabungan antara batu besar, timah dan kecepatan dalam acara pria dan wanita.

Indonesia, yang memiliki potensi kuat dalam kategori kecepatan, kemungkinan akan memiliki peluang besar untuk mengantongi lebih banyak medali Olimpiade di Paris, selain bulu tangkis dan angkat besi yang biasa. Casino Online

Dalam olahraga panjat olahraga, Indonesia memiliki nomor empat dunia kecepatan wanita Aries Susanti Rahayu serta nomor enam dunia kecepatan pria Aspar Jaelolo. Aries memenangkan medali emas di Piala Dunia Pendakian IFSC Xiamen dan Piala Dunia Pendakian IFSC Wujiang pada tahun 2018, sementara Aspar memenangkan medali perak dan emas. Aries juga memenangkan medali emas di Asian Games 2018.

Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralympic Games Paris (Paris 2024), Kamis, mengkonfirmasi proposal untuk memasukkan empat olahraga tambahan dalam Olimpiade ke-33, yaitu breakdance, skateboarding, selancar dan panjat tebing, kata Federasi Panjat Olahraga Internasional (IFSC) pada situs web resmi, ifsc-climbing.org.

Proposal selanjutnya akan disampaikan kepada dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional mulai 26 hingga 28 Maret. Jika diterima, proposal kemudian akan diajukan ke sesi IOC ke-134 pada 24 Juni di Lausanne, Swiss. Jika disetujui, panjat olahraga akan tampil di Olimpiade Musim Panas untuk edisi kedua berturut-turut setelah debutnya di Olimpiade Tokyo 2020.

“Kami berterima kasih atas pengakuan proposal tentang nilai olahraga panjat dan pekerjaan yang telah dilakukan IFSC. Kami bangga menjadi bagian dari proses ini dan kami menantikan langkah selanjutnya dalam bulan-bulan berikutnya, ”kata Presiden IFSC, Marco Scolaris.

Penyelenggara Olimpiade Paris telah mengusulkan fitur kecepatan dan menggabungkan kategori dalam edisi 2024.

Sejak berdirinya IFSC pada 2007 dan pengakuan definitif oleh IOC pada 2010, panjat tebing telah dimasukkan dalam program-program olahraga di berbagai acara Olimpiade. Pada 2016, olahraga ini ditambahkan ke Olimpiade Tokyo yang akan datang dan Pertandingan Olimpiade Pemuda terbaru di Buenos Aires, tempat panjat tebing memulai debut Olimpiade.

Secara terpisah, Direktur Federasi Panjat Olahraga Indonesia (FPTI) Pristiswan Buntoro merespons positif berita tersebut.

“Kita harus merasa bersyukur. Ini akan menetapkan tonggak baru dalam panjat olahraga Indonesia saat ini mencapai puncaknya, ”kata Pristiswan, yang merupakan manajer tim Indonesia, dalam sebuah pernyataan. Kendati demikian, Pristiswan mengatakan pengembangan itu seharusnya tidak membuat komunitas panjat olahraga Indonesia puas.

Dengan pencapaiannya di kategori kecepatan di tingkat dunia, Indonesia mendorong pendaki untuk meningkatkan permainan mereka di kategori memimpin dan berbatu, di mana mereka tidak kompetitif.

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendorong atlet kita dalam kategori memimpin untuk hasil yang lebih baik di masa depan," tambahnya.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...