Sunday, 21 Apr 2019

Fenomena Supermoon Akan Hadir di Langit Indonesia Pada 19 Februari

news24xx


Supermoon Supermoon

NEWS24.CO.ID - Fenomena bulan super mengkilap atau Supermoon akan mencerahkan langit lagi pada 19 Februari. 

"[Supermoon] adalah bulan purnama karena mencapai jarak terdekat ke bumi," kata Avivah Yamani, seorang aktivis astronomi dari Komunitas Langit Selatan Bandung (Bandung Southern Sky), pada hari Senin, 11 Februari.

Titik terdekat bulan ke bumi akan lebih dekat pada 356.761 kilometer dari fenomena sebelumnya pada Januari di 357.342 kilometer.

Bulan akan menerangi langit mulai saat matahari terbenam hingga fajar. "Ini kesempatan bagus untuk mengamati bulan dan kawahnya," tambah Avivah.

Bulan akan lebih terang dari biasanya bulan purnama sekitar 10 persen selama fenomena yang umumnya terkait dengan potensi gelombang pasang maksimum. Berdasarkan situs web Langit Selatan, akan ada dua bulan purnama atau bulan madu pada tahun 2019.

Fenomena langit biasa juga mempengaruhi gelombang laut seperti bulan purnama yang biasa. "Secara umum, ada dampak [supermoon], tetapi detailnya tergantung pada kondisi pantai dan jenis gelombang di wilayah pesisir," kata Rukman Nugraha, seorang astronom di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV