Sunday, 21 Apr 2019

Taksi Khusus Wanita Mulai Dioperasikan di Seoul

news24xx


IlustrasiIlustrasi

NEWS24.CO.ID - Taksi khusus wanita yang dilengkapi dengan kursi mobil anak akan mulai dioperasikan di Seoul pada awal bulan ini, kata pemerintah kota Seoul, Kamis. Pemerintah Metropolitan Seoul mengatakan pihaknya mengeluarkan izin usaha pada 1 Februari untuk perusahaan waralaba taksi, Tago Solutions, yang terdiri dari sekitar 50 perusahaan dengan 4.500 taksi. Tago Solutions berencana menguji coba dua layanan selama tiga bulan: Waygo Lady dan Waygo Blue.

Taksi Waygo Lady, yang dikendarai oleh wanita, hanya akan menjemput penumpang perempuan dan laki-laki di bawah usia sekolah menengah. Taksi akan dilengkapi dengan kursi mobil untuk bayi dan anak kecil. Sekitar 20 taksi Waygo Lady akan beroperasi selama masa percobaan, dan jumlahnya akan meningkat menjadi 500 pada tahun depan.

Ketika seorang penumpang memanggil taksi Waygo Blue, taksi terdekat akan ditugaskan tanpa sopir taksi mengetahui tujuan sampai penumpang berada di dalam taksi. Taksi Tago akan berharga 2.000 won hingga 3.000 won lebih dari taksi normal, dengan tarif dasar diperkirakan berkisar dari 5.800 won hingga 6.800 won. Kondisi kerja sopir taksi Tago diharapkan lebih baik. Pengemudi akan dibayar gaji bulanan dan tidak harus membayar perusahaan dengna menyetorkan sebagian dari pendapatan harian mereka.

Sebagian besar perusahaan taksi di Korea mengharuskan pengemudi membayar jumlah tetap dari tarif taksi yang mereka peroleh, yang biasanya berkisar antara 120.000 won hingga 150.000 won. Sistem ini telah menuai kritik karena menciptakan kondisi kerja yang buruk dan menyebabkan pengemudi menolak penumpang yang bepergian ke tujuan yang “tidak menguntungkan”.

Di tengah meningkatnya keluhan tentang taksi yang menolak penumpang, Pemerintah Metropolitan Seoul memberlakukan sistem "tiga-mogok", di mana pengemudi yang tertangkap menolak penumpang pada tiga kesempatan dalam dua tahun menghadapi denda 600.000 won dan pembatalan lisensi taksi mereka. Dan atasan mereka juga dihukum.

Pemerintah kota mengatakan akan menambah lebih banyak taksi yang memberikan layanan bernilai tambah - misalnya, taksi yang berspesialisasi dalam menjalankan tugas atau membawa kargo dan taksi yang memungkinkan hewan peliharaan naik.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV