Tuesday, 20 Aug 2019

Jasad yang Ditemukan di Dalam Pesawat Didentifikasi Sebagai Emiliano Sala

news24xx


Emiliano SalaEmiliano Sala

NEWS24.CO.ID - Sesosok mayat yang ditemukan dari puing-puing pesawat yang jatuh adalah jasad pemain Cardiff City, Emiliano Sala, kata Dorset Police. Sala, 28, sedang melakukan perjalanan ke Cardiff dengan pesawat yang dikemudikan oleh David Ibbotson, yang hilang di Selat Inggris pada 21 Januari.

Jenazah pria asal Argentina itu ditemukan Rabu malam setelah puing-puing ditemukan pada Minggu pagi.

Polisi Dorset mengkonfirmasi identifikasi pada Kamis malam.

Dalam sebuah pernyataan disebutkan, "Mayat dibawa ke Portland Port hari ini, Kamis 7 Februari 2019, telah secara resmi diidentifikasi oleh HM Coroner untuk Dorset sebagai milik pemain sepak bola profesional Emiliano Sala. Keluarga Sala dan pilot David Ibbotson telah diperbarui dengan berita ini dan akan terus didukung oleh petugas penghubung keluarga yang terlatih khusus."

Mayat itu ditemukan di puing-puing pesawat pada hari Senin dan pihak berwenang dapat mengangkatnya dua hari kemudian, meskipun dengan "kondisi laut yang menantang".

Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) mengatakan operasi itu telah dilakukan "dengan cara yang bermartabat mungkin" dan keluarga para pria terus diperbarui. Geo Ocean III, yang terlibat dalam menemukan puing-puing itu, membawa mayat itu kembali ke pelabuhan terdekat Portland di Dorset, tempat mayat itu diidentifikasi secara resmi.

Piper Malibu N264DB sedang dalam perjalanan dari Prancis ke Cardiff, setelah striker Argentina melakukan perjalanan cepat kembali ke mantan klubnya Nantes dua hari setelah transfer £ 15 juta ke Cardiff diumumkan. Cardiff City mengeluarkan pernyataan tak lama setelah identifikasi dikonfirmasi dengan mengatakan: "Kami menawarkan simpati dan belasungkawa kami yang paling tulus kepada keluarga Emiliano. Dia dan David akan selamanya tetap berada dalam pikiran kami."

Beberapa pemain klub bereaksi melalui Twitter. Bek belakang Joe Bennett menulis "RIP Emiliano", sementara pemain tengah Sol Bamba memposting gambar hitam-putih dari rekan setimnya yang tidak pernah ia mainkan bersama.

Bintang-bintang dari dunia sepakbola juga memberikan penghormatan.

Bek Chelsea Antonio Rudiger menulis: "Memilukan mendengar berita tentang Emiliano Sala. Beristirahatlah dalam damai! Pikiran keluar untuk keluarga dan teman-teman Emiliano dan pilotnya."

Dan pemain Arsenal Mesut Ozil menulis : "Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan betapa sedihnya ini. Pikiran dan doa pergi ke keluarganya dan juga kepada keluarga pilot."

Mr Ibbotson, 59, dari Crowle, North Lincolnshire Utara, berada di kontrol ketika penerbangan kehilangan kontak dengan pengendali lalu lintas udara pada 21 Januari. Hingga kini jasadnya belum ditemukan.

Pencarian resmi dibatalkan pada 24 Januari setelah pihak pemerintah mengatakan peluang untuk bertahan hidup "sangatlah kecil dan tidak mungkin".

Tetapi permohonan online yang dimulai oleh agen Sala mengumpulkan £ 324.000 (371.000 euro) untuk pencarian pribadi yang dipimpin oleh ilmuwan kelautan dan ahli kelautan David Mearns. Bekerja bersama dengan AAIB, kapalnya dan Geo Ocean III, mulai menyisir area empat mil persegi Selat Inggris, 24 mil laut utara Guernsey, untuk memanfaatkan sensor yang tersedia.

Mearns mengatakan pesawat itu diidentifikasi dengan sonar dan berada di 67m (220ft) di bawah permukaan, sebelum kapal selam dengan kamera dikirim di bawah air untuk mengkonfirmasi hal ini. Selama operasi pemulihan, AAIB menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) untuk membantu pencarian, tanpa melibatkan penyelam. Jasad tersebut dipindahkan terlebih dahulu, dan secara terpisah dari puing-puing, untuk memaksimalkan kemungkinan berhasil dibawa ke permukaan.

Dikatakan upaya untuk memulihkan pesawat yang jatuh secara keseluruhan terbukti tidak berhasil, sebelum ditinggalkan karena cuaca buruk.

"Prakiraan cuaca buruk untuk masa mendatang dan karenanya keputusan sulit diambil untuk mengakhiri operasi secara keseluruhan," kata AAIB dalam sebuah pernyataan.

Namun, AAIB mengatakan rekaman video yang diambil oleh ROV akan memberikan "bukti berharga" untuk penyelidikan keamanannya. Sementara itu, muncul berita bahwa mantan klub Sala, klub Ligue 1 Prancis Nantes, menuntut Cardiff City membayar biaya transfer £ 15 juta.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Related News